Sukses

Prioritas Bijak Alokasi THR: Bayar Utang hingga Investasi

Uang tunjangan hari raya atau biasa disebut THR bisa dimanfaatkan dengan baik sesuai skala prioritas.

Liputan6.com, Jakarta Uang tunjangan hari raya atau biasa disebut THR bisa dimanfaatkan dengan baik sesuai skala prioritas. Pengelolaan uang THR bisa dibagi menjadi ke dalam beberapa bagian, mulai dari bayar utang hingga investasi.

Certified Securities Analyst, Dani Rachmat mengatakan uang THR adalah salah satu cara paling ampuh untuk memperbesar tabungan dan investasi untuk bisa mengamankan posisi keuangan.

“Iya benar itu namanya tunjangan hari raya kalau benar-benar dipakai untuk tunjangan hari raya bagus, tapi kalau buat beli gadget kita nggak perlu sebenarnya,” ujar Dani dalam Media Briefing Jago X Campaign secara virtual, ditulis Kamis (14/4/2022).

Kemudian, Dani juga berharap orang-orang lebih bijaksana dalam menggunakan THR yang sesuai dengan skala prioritas yang dibutuhkan.

“THR tetep boleh dipakai untuk yang lain-lain tapi pergunakan skala prioritas dan selalu ingat kebutuhan sebelum keinginan. Karena apa yang kita butuhkan memang harus dibiayai, tapi apa yang kita inginkan gak dilakukan dulu kita tidak apa-apa,” ungkapnya.

Dia menambahkan, THR bisa dibagi menjadi beberapa prioritas, prioritas pertama untuk bayar utang. Meski tidak harus dipakai semuanya, tetapi bisa menurunkan utang.

“30 persen mengikuti proporsi penggunaan income. Kalau tidak punya hutang memperbesar return investasi,” jelas Dani.

“Kemudian, investasi 20 persen, kebutuhan lebaran 40 persen, seperti tiket zakat infaq sedekah beli bahan makanan dan sebagainya. Baru 10 persennya untuk belanja, kalau nggak disimpan aja dulu,” ia menambahkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bayar Utang Lewat Bank Jago

Bukan hanya itu, Dani menegaskan untuk tidak lagi meminjam uang setelah utang terbayar. Lebih sedikit utang konsumtif, lebih kecil kebutuhan dana darurat.  Lalu, THR di luar penghasilan rutin membantu menyelesaikan utang-utang yang lama tidak terbayar lunas.

“Prioritas itu untuk bayar utang terutama kalau ada utang-utang konsumtif fokuskan untuk pinjaman yang berbunga tinggi. Itu harus dilunasi kalau misalkan bisa dilunasi dengan THR gunakan porsi 30 persen sebagaimana budgeting,” tegasnya.

Ia menyebutkan salah satu solusi pembayaran utang menggunakan aplikasi bank Jago dengan pembuatan jadwal pembayaran sebagai pengingat membayar hutang maupun tagihan.

“Kalau misalkan kita sudah pakai aplikasi Bank Jago untuk pembayaran utang bisa dilakukan secara otomatis. Jadi ketika saya buat jadwal tanggal pembayaran itu aplikasi saya akan kasih reminder ada pembayaran ini masukan nilainya berapa,ini bisa dilakukan secara otomatis. Kalau misalkan kayak listrik pulsa listrik pembayaran tagihan lain bisa dilakukan otomatis biar ga terlewat langsung di langsung schedule kan pembayaran jangan ditunda-tunda,” katanya.

Selanjutnya, prioritas kedua uang THR bisa digunakan untuk investasi. Dia menjelaskan berinvestasi untuk mencapai tujuan keuangan, mulai dari goal based investing, menggunakan 10-20 persen budget THR, sesuaikan dengan profil risiko, prioritaskan dana darurat bila belum memiliki nilai yang ideal.

“Investasi sekitar 20 persen, kalau merasa kegedean pakai 10 persen aja, kalau dana darurat belum terkumpul prioritaskan dana darurat terlebih dahulu,” imbuhnya.

 

3 dari 4 halaman

Syarat Investasi

Meskipun demikian, tetap saja ada yang perlu diperhatikan sebelum melakukan investasi, sebagai berikut:

-Siapkan dana darurat yang mencukupi sesuai kondisi, single 3x pengeluaran, menikah 6-8x pengeluaran, menikah dengan anak sampai 12x pengeluaran.

-Asuransi kesehatan dan asuransi jiwa (bila ada yang tergantung pada income kita) Asuransi kerugian aset-aset

-Investasi berdasarkan tujuan S.M.A.R.T (Specific Measurable, Achievable, Realistic, Timely)

Lalu, prioritas ketiga ini digunakan untuk keperluan lebaran. Dalam melakukan hal tersebut, bisa menggunakan sekitar kurang lebih 40 persen dari THR.

“Kuncinya tetapkan budget di awal dan patuhi,” imbuh Dani.

Ia menambahkan, terdapat beberapa ide budget lebaran antara lain tiket mudik, infaq dan sedekah, memberi orang tua, angpau ponakan, serta belanja baju hari raya.

Selain itu, Dani juga menyampaikan terkait perencanaan keperluan lebaran seperti, sebaiknya direncanakan setahun sebelumnya, geser waktu mudik agar pengeluaran tiket/transportasi lebih murah, THR tahun ini dipakai merencanakan lebaran tahun depan dan pengeluaran lebaran akan terasa lebih ringan.

Dalam memisahkan budget, Dani sebut bisa pergunakan kantong bank Jago untuk lebaran ini, serta uang yang disisihkan bisa dikunci seperti deposito. Namun, jangan mengambil dari kantong lain dan harus disiplin sesuai dengan budget yang telah ditentukan.

 

4 dari 4 halaman

Manfaat

Adapun manfaat dari kantong terkunci dari bank Jago, yakni memastikan dana tidak akan terpakai, perkembangan dana optimal serta bisa diakses dengan mudah dalam keadaan darurat.

Skala prioritas keempat dari pengelolaan THR ini adalah belanja. Jadi, belanja bisa dilakukan sepuasnya sesuai budget 10 persen dari THR yang sudah disisihkan sebelumnya.

Dani mengatakan, untuk menghabiskan 10 persen dari THR untuk belanja. Tidak perlu beli baju baru kalau yang lama masih bisa berguna. Kemudian, habiskan uang sampai tak bersisa.

“Ini sisanya 10 persen tadi bisa bener-bener dihabiskan dan kita nggak perlu jaga-jaga lagi gitu kan, kalau misal belanja pakai uang sisa. Sekarang pada kebalik nih ya investasi itu nunggu nanti ada sisa bukan belanja kalau ada sisa,” pungkasnya.

Reporter: Elga Nurmutia

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.