Sukses

Ribuan Tiket Mudik Gratis Disediakan untuk Warga Kota Tangerang, Ini Persyaratannya

Mudik gratis ini melayani rute ke 4 kota tujuan. Mulai Tegal, Semarang, Demak, Kudus, Wonogiri, Wonosari, Yogyakarta, Magelang, Wonosobo dan lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 1.200 tiket mudik gratis disediakan oleh Kementerian Perhubungan untuk warga Kota Tangerang. Calon pemudik sudah bisa mendaftar di Kantor Dishub di Jalan Dr Sitanala, Kelurahan Karangsari, Kecamatan Neglasari.

Ada 14 kota keberangkatan yang akan dituju, mulai ke Tegal, Semarang, Demak, Kudus, Wonogiri, Wonosari, Yogyakarta, Magelang, Wonosobo dan lainnya.

Kepala Dishub Kota Tangerang, Wahyudi Iskandar mengungkapkan, posko akan dibuka selama kuota masih tersedia. Masyarakat yang mau daftar bisa lewat website www.mudikgratishubdat.dephub.go.id dengan mengisi data sesuai yang diminta. Jika sudah berhasil, calon pemudik bisa memproses data validasi di kantor Dishub Kota Tangerang.

"Akan banyak masyarakat yang mengakses website tersebut, dengan itu diimbau untuk terus mencoba sampai ada informasi dari Kemenhub jika kuota sudah penuh. Kami Dishub Kota Tangerang hanya memfasilitasi lokasi posko validasi data dan keberangkatan saja," ungkap Wahyudi, Selasa (12/4/2022).

Dia juga menjelaskan, keberangkatan pemudik gratis ini akan berlangsung pada 28 April mendatang di Terminal Poris Plawad. Dishub pun akan melakukan pengamanan khusus, mulai dari pengecekan protokol kesehatan hingga ram check.

"Dishub akan berusaha memastikan semua kendaraan pemudik dalam keadaan sehat atau aman dan layak digunakan. Sehingga, pemudik dapat pulang kampung dalam keadaan sehat dan aman hingga kota tujuan," kata Wahyudi.

Sementara itu, terlihat di Posko Validasi Mudik Gratis antusias masyarakat silih berganti tak henti. Salah seorang calon pemudik, Nasatul Fikri warga Karawaci mengaku, baru mendaftar online pada Minggu malam dengan kota tujuan Puwokerto.

"Selamam saat proses masuk ke website sempat gagal, tapi dicoba beberapa kali alhamdulillah berhasil. Disini prosesnya juga tidak sulit, alhamdulillah saya, istri dan dua anak bisa mudik gratis. Ini membantu banget buat kami, terimakasih," kata Nasatul. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mudik Gratis DKI

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyiapkan ratusan bus dan truk untuk melayani arus mudik serta balik gratis pada Lebaran Idul Fitri 2022 mendatang.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebutkan bahwa untuk bus akan disediakan sebanyak 492 unit untuk mengangkut para pemudik.

"Unitnya ada 292 bus yang akan diberangkatkan pada arus mudik. Kemudian arus baliknya ada 200 bus yang akan menjemput para pemudik yang akan kembali ke Jakarta. Sehingga total bus yang dialokasikan itu adalah sebanyak 492 bus," ujar Syafrin di Balai Kota Jakarta, melansir Antara, Selasa (12/4/2022).

Kemudian dia menjelaskan, untuk truk, Pemprov DKI Jakarta menyediakan sebanyak 31 truk untuk mengangkut kendaraan roda dua milik para pemudik. Jumlah itu terdiri dari 22 truk berangkat saat arus mudik, serta sembilan truk untuk melayani arus balik.

 

3 dari 4 halaman

KOta Tujuan

Lebih lanjut, Syafrin menyebutkan, bus hingga truk tersebut untuk sementara menuju ke kota pada lima provinsi tujuan mudik yang sebelumnya telah diidentifikasi oleh Dishub DKI Jakarta.

"Sementara untuk kota-kota tujuan kami sudah identifikasi ada 5 provinsi yang nantinya menjadi tujuan arus mudik dari Pemprov DKI mulai dari Sumatera itu ada Sumatera Selatan di Palembang, kemudian ada di Lampung baru kemudian Jawa Tengah, DIY dan juga Jawa Timur," ucap Syafrin.

Adapun, lanjut dia, untuk pengumuman pendaftaran serta persyaratan para pemudik, akan segera dikeluarkan oleh pihaknya secara daring.

"Kami akan umumkan lewat Website Dishub, tentu secara online akan bisa daftar. Salah satu persyaratannya peserta mudik wajib ber-KTP Jakarta," tegas Syafrin.

 

4 dari 4 halaman

Jangan Lupa Booster

Tes acak (random check) status vaksinasi COVID akan ditujukan kepada pemudik kendaraan pribadi yang mudik Lebaran 2022. Sebagai persiapan, pemudik diimbau segera melakukan vaksinasi booster jauh-jauh hari.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI, Adita Irawati, menyampaikan, upaya pemudik kendaraan pribadi yang sudah menerima vaksin booster akan memperlancar pengawasan di lapangan. Butuh kesadaran masyarakat dalam pemenuhan syarat booster untuk mudik.

"Hampir bisa dikatakan 40 juta-an pemudik kendaraan pribadi yang akan bergerak dan memang pengawasannya menjadi sebuah tantangan tersendiri. Dalam hal ini, kami melihat bahwa yang paling diutamakan sebenernya sekarang adalah kesadaran dari masyarakat," ujar Adita saat diskusi Dialektika Demokrasi - Balada Booster dan Mudik Lebaran di Komplek Parlemen DPR RI, Senayan, Jakarta, belum lama ini.

"Oleh karena itu, mengapa Pemerintah mengumumkan jauh hari syarat booster sebelum periode Ramadhan? Agar mereka (pemudik) teredukasi. Ada syarat yang harus dipenuhi dan masih punya banyak waktu untuk melakukan itu (vaksinasi booster)," Adita menambahkan.

Vaksinasi booster juga menjadi perlindungan tidak hanya diri sendiri, melainkan orang-orang sekitar. Terutama kelompok rentan, seperti lansia, penderita komorbid, dan anak-anak. Hal ini meminimalisir potensi terpapar COVID-19.

"Booster tersedia di mana-mana, silakan melakukan vaksinasi booster. Setelah booster sebenarnya bisa dibilang Anda dapat meminimalisir potensi untuk tertular. Makanya, Ayo (vaksin) booster," dia menekankan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.