Sukses

Benda-Benda yang Wajib Dikeluarkan Zakatnya, Apa Saja?

Ada sejumlah benda yang wajib untuk dikeluarkan zakatnya.

Liputan6.com, Jakarta - Zakat menurut istilah agama Islam artinya "kadar harta tertentu yang diberikan kepada yang berhak menerimanya dengan beberapa syarat." Zakat salah satu rukun Islam yang yang lima, atas tiap-tiap orang yang cukup syarat-syaratnya.

Seperti dijelaskan dalam buku Fiqh Islam karya H. Sulaiman Rasjid diterangkan bahwa zakat mulai diwajibkan pada tahun kedua Hijriah. Allah berfirman, "Dirikanlah salat dan bayarkanlah zakat hartamu (An-Nisa: 77).

Sementara ulama Qadhi Abu Syuja Ahmad bin Al-Husain bin Ahmad Al-Asfahani menerangkan ada lima harta yang wajib dizakati, yaitu: hewan ternak, atsman (emas dan perak), pertanian, buah-buahan, dan barang perniagaan. Adapun hewan ternak, maka yang harus dizakati hanya pada tiga jenis; unta, sapi dan kambing.

Syarat wajib zakat hewan ternak ada enam hal, yaitu:

1. Beragama Islam

2. Merdeka

3. Ternaknya yang dimiliki sempurna

4. Mencapai nishab

5. Melewati satu tahun lamanya

6. Ternak tersebut digembala

Berdasarkan hadis riwayat Bukhari dan Anas disebutkan bahwa "Abu Bakar Siddiq (khalifah pertama) berkata dalam surat beliau kepada penduduk Bahrain. "Inilah yang diwajibkan Rasulullah SAW atas orang-orang muslim".

Mengenai hewan peliharaan sudah satu tahun yang dimiliki berdasarkan sabda dari Rasulullah SAW. "Dari Ibnu Umar. Rasulullah SAW telah berkata, Tidak ada (wajib) zakat pada harta seseorang sebelum sampai satu tahun yang dimilikinya" (Riwayat Daruqutni).

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Emas dan Perak

Syarat bagi pemilik emas dan perak yang wajib dizakati:

1. Beragama Islam

2. Merdeka

3. Dimiliki secara sempurna

4. Mencapai nishab

5. Melewati satu disimpan

Firman Allah SWT ,"Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak, dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka (bahwa mereka akan mendapat) siksaan yang pedih". (At-Taubah: 34).

Selain itu, Rasulullah SAW bersabda, "Dari Ali k.w, ia berkata bahwa Rasulullah SAW telah berkata "sesungguhnya saya telah memaafkan kamu dari sedekah kuda dan sahaya, maka bayarkanlah zakat perak, tiap-tiap empat puluh dirham satu dirham, 190 dirham belum wajib zakatnya, dan apabila 200 dirham zakatnya lima dirham" (Riwayat Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmizi).

3 dari 5 halaman

Pertanian

Adapun pertanian, maka syarat wajibnya ada tiga; tanaman yang dipelihara manusia, tanamannya termasuk makanan pokok dan bisa disimpan, sudah mencapai nishab, yaitu lima wasaq tanpa cangkang (bukan gabah).

Contohnya seperti beras, jagung, gandum, dan sebagainya. Adapun biji makanan yang tidak mengenyangkan, seperti kacang tanah, kacang panjang, buncis, tanaman muda, dan sebagainya.

Allah SWT berfirman, "Dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan dikeluarkan zakatnya)" (Al-An-Am: 141).

Syarat bagi pemilik emas dan perak yang wajib dizakati:

1. Beragama Islam

2. Merdeka

3. Dimiliki secara sempurna

4. Mencapai nishab

 

 

4 dari 5 halaman

Buah-buahan

Adapun buah-buahan, zakat hanya wajib atas dua buah, yaitu; kurma kering dan anggur kering (kismis). Sementara buah-buahan yang lainnya tidak diwajibkan dikeuarkan zakatnya.

Syarat wajibnya ada empat;

1. Beragama Islam,

2. Merdeka,

3. Dimiliki secara sempurna,

4. Mencapai nishab.

"Rasulullah SAW telah menyuruh supaya menaksir buah anggur itu berapa banyak buahnya, seperti menaksir buah kurma, dan beliau menyuruh juga supaya memungut zakat anggur sesudah kering, seperti mengambil zakat buah kurma, juga sesudah kering" (Riwayat Tirmizi dan ia menilainya sebagai hadis hasan).

Harta Perniagaan

Harta perniagaan wajib dikeluarkan zakatnya, dengan syarat-syarat seperti yang telah disebutkan pada zakat emas dan perak.

Sabda Rasulullah SAW:

"Kain-kain yang disediakan untuk dijual, wajib dikeluarkan zakatnya" (Riwayat Hakim). Selain itu, dari Sumarah, "Rasulullah SAW memerintahkan kepada kami agar kami mengeluarkan zakat barang yang disediakan untuk dijual." (Riwayat Daruqutni dan Abu Dawud).

5 dari 5 halaman

Infografis Zakat PNS Muslim

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.