Sukses

Sambut Mudik Lebaran, Pelebaran Jalan Tol Jakarta-Cikampek Rampung 12 Hari Lagi

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau pekerjaan pelebaran Jalan Tol Jakarta – Cikampek jalur B (KM 67 – KM 50)

Liputan6.com, Jakarta Mengakhiri agenda peninjauan kesiapan jalur mudik Lebaran 2022 di Pulau Jawa, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau pekerjaan pelebaran Jalan Tol Jakarta – Cikampek jalur B (KM 67 – KM 50).

Menteri Basuki mengatakan, pelebaran jalan tol Jakarta-Cikampek ini sebagai antisipasi untuk ruas fungsional terbatas pada arus balik Lebaran 2022 khususnya kendaraan kecil.

"Jadwal pekerjaan hingga H-10 Lebaran 2022 tinggal 12 hari lagi, harus dikejar progresnya agar bisa fungsional saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2022 nanti," kata Menteri Basuki dalamketerangannya, Senin (11/4/2022).

Selain itu, Menteri Basuki juga berpesan agar saat sudah selesai pekerjaan pelebaran jalan tersebut agar kembali dihijaukan sisi pinggir bahu jalannya dengan ditanami pohon.

Berdasarkan data, total pelebaran jalan yang dilakukan sepanjang 11,73 km, dengan progres hingga awal April 2022 sebesar 15,9 persen.

Ditargetkan hingga H-10 Lebaran 2022 pekerjaan pelebaran jalan tersebut sudah mencapai 9 km dan dapat dibuka fungsional saat arus mudik dan arus balik, untuk kemudian dilanjutkan pekerjaan setelahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Minta Tambah Toilet

Sebelumnya dalam peninjauan kesiapan Jalan Tol Trans Jawa, Menteri Basuki juga meninjau Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) KM 360 Tol Semarang-Batang.

"Sebagai antisipasi banyaknya pemudik, siapkan tambahan minimal 50 toilet sementara. Dibuat sebanyak mungkin di tempat yang tidak membuat macet dan dibuat serapih mungkin," tuturnya.

Menteri Basuki juga meninjau perbaikan Jalan Tol Pejagan Pemalang tepatnya di KM 253. "Perbaikan jalan tol seperti ini harus memperhatikan kualitas perbaikan termasuk dalam proses pengaspalan," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Tanggal Puncak Mudik Lebaran dan Arus Balik 2022

Pemerintah kembali memperbolehkan masyarakat untuk mudik lebaran tahun ini. Hanya saja, syarat wajibnya adalah vaksin booster.

Soal mudik ini, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, Badan Litbang Perhubungan (Balitbanghub) telah melakukan survey kegiatan mudik Lebaran 2022. Salah satunya, puncak arus mudik diprediksi bakal terjadi pada hari ke-27 dan 28 Ramadhan.

"Berdasarkan rencana operasi dan prediksi hasil survei, puncak arus mudik diprediksi terjadi pada tanggal 29-30 April," ujar Menhub seperti ditulis Jumat (8/4/2022).

Sedangkan untuk puncak arus balik, Ia meramal bakal terjadi satu pekan setelah Lebaran Idul Fitri, tepatnya pada 8 Mei 2022.

Pilihan moda transportasi terbanyak kedua setelah kendaraan pribadi yakni angkutan jalan, seperti bus dan moda penyeberangan sebanyak 26,7 juta penumpang. Disusul kereta api dengan 8,2 juta penumpang, kapal 1,4 juta penumpang, dan angkutan lainnya 0,1 juta orang.

"Dari 79,4 juta orang yang diprediksi mudik, sebanyak 13 juta orang berasal dari Jabodetabek," ujar Menhub.

 

4 dari 4 halaman

Kota Favorit

Adapun menurut survei Balitbanghub Kemenhub, total 79,4 juta orang akan pergi mudik, dimana 40 juta diantaranya memilih menggunakan kendaraan pribadi.

Provinsi tujuan yang paling dominan akan dituju para pemudik, yakni Jawa Tengah sebanyak 23,5 juta, Jawa Timur sebanyak 16,8 juta dan Jawa Barat sebanyak 14,7 juta.

Untuk jalur perjalanan yang paling dipilih melalui Jalan Tol Trans Jawa, jalur lintas Jawa Tengah, Tol Cipularang, jalur Pantura, hingga Jalan Tol Trans Sumatera.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.