Sukses

Yuk Ngabuburit Bareng Program Ramadhan KCCI, Nonton Travel Mukbang Makanan Korea

KCCI membuat program berkonsep travel mukbang vlog, sebuah program seri bertajuk "K-Street Food Treasure" dalam rangka menemani ngabuburit Ramadhan 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Acara yang satu ini patut dipertimbangkan untuk Anda saat ngabuburit puasa Ramadhan 2022.

Menyambut bulan Ramadhan ini, Korean Cultural Center Indonesia (KCCI) bekerja sama dengan Daegu Gyeongbuk Jakarta Office membuat sebuah program seri bertajuk "K-Street Food Treasure".

Pada program berkonsep travel mukbang vlog ini, KCCI dan Daegu Gyeongbuk Jakarta Office mengajak masyarakat Indonesia berjalan-jalan sambil mengeksplorasi jajanan 'street food' terkenal dan khas di kota metropolitan Daegu, serta Kota Gyeongju dan Kota Pohang yang berlokasi di Provinsi Gyeongsang Utara.

K-street food atau jajanan pinggir jalan khas Korea sendiri sudah tidak asing kita lihat muncul dalam berbagai konten Hallyu.

Pada masa ini, kita juga dapat dengan mudah menemukan gerai-gerai K-street food di banyak wilayah di Indonesia.

"Sehubungan dengan hal tersebut, bersama dengan program "K-Street Food Treasure", kita akan diajak untuk mencari dan mencoba berbagai jajanan pinggir jalan Korea yang unik dan mungkin belum pernah kita temui di Indonesia," demikian jelas pihak KCCI dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Minggu (10/4/2022).

Terdiri dari tiga episode, program ini direncanakan tayang mulai 11 April 2022 setiap hari Senin melalui kanal Youtube KCCI dan Daegu Gyeongbuk Jakarta Office.

Selain menjadi bahan tontonan seru untuk menemani waktu ngabuburit masyarakat Indonesia, informasi yang disuguhkan melalui program ini diharapkan dapat membantu memperdalam pengetahuan masyarakat tentang pariwisata dan makanan Korea.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Korea Selatan Bakal Tingkatkan Jumlah Penerbangan Internasional Mulai Mei 2022

Korea Selatan mengatakan pada Rabu (6 April 2022) bahwa pihaknya akan menambah ratusan penerbangan internasional per minggu mulai Mei, terus melonggarkan langkah-langkah anti-Virus Corona ketika gelombang infeksi Varian Omicron menurun.

Dilansir dari laman Channel News Asia, Rabu (6/4/2022), mulai bulan depan, pemerintah akan mengizinkan 100 penerbangan mingguan lebih lanjut untuk tujuan seperti Amerika Serikat, Eropa, Thailand dan Singapura, di mana pengecualian karantina dan masuk bebas visa dimungkinkan, kata Menteri Dalam Negeri dan Keamanan Jeon Hae-cheol.

Kemudian 100 penerbangan internasional mingguan lagi akan ditambahkan pada bulan Juni dan 300 penerbangan lagi pada bulan Juli, kata kementerian transportasi.

Hanya 420 penerbangan internasional seminggu yang saat ini melayani Korea Selatan, turun dari 4.714 sebelum pandemi COVID-19.

"Permintaan kunjungan ke luar negeri diperkirakan akan meningkat, karena negara-negara yang telah melewati puncak gelombang Omicron telah melonggarkan kebijakan karantina," kata Jeon dalam sebuah pernyataan.

3 dari 4 halaman

Kasus COVID-19 Menurun

Kasus Korea Selatan telah menurun selama sekitar tiga minggu.

Negara ini sedang mempertimbangkan untuk menghapus sebagian besar pembatasan terkait pandemi akhir bulan ini, termasuk kewajiban untuk memakai masker di luar ruangan, setelah menghapus mandat vaksin nasional dan karantina wajib untuk pelancong yang divaksinasi yang datang dari luar negeri.

Sementara itu, Korea Selatan juga memiliki populasi Muslim minoritas. Jumlahnya kurang dari 1 persen, namun mereka tetap menjalankan ibadah puasa Ramadhan. 

Di negara tersebut, ada lembaga Muslim bernama Korea Muslim Federation (KMF) yang menerbitkan jadwal sholat, sehingga bisa menjadi acuan jam puasa.

Apabila melihat di situs KMF, Senin (4/4/2022), jam puasa di Korea Selatan tak begitu jauh berbeda dari Indonesia.

 

4 dari 4 halaman

Berapa Jam Puasa Ramadhan di Korea Selatan di 2022?

Jam buka puasa di Korsel pada Ramadhan 2022 adalah sekitar jam 19.00. Semakin mendekati lebaran, jadwal Maghrib semakin lama, yakni jam 19.21 pada 30 April 2022. 

Untuk jadwal Subuh, awalnya jam 04:48 di hari pertama Ramadhan. Jam Subuh semakin dini menuju akhir Ramadhan. Pada 30 April 2022, jadwal Subuh dimulai jam 04.00 pagi. 

Korea Selatan saat ini sedang berada di musim semi. Kondisi udara pun sejuk, sehingga mungkin dapat mengurangi rasa dahaga bagi yang puasa.

Korea Muslim Federation juga menyediakan Komite Halal. Lembaga itu bekerja sama dengan sejumlah lembaga halal di Asia Tenggara, Jabatan Kemajuan Islam Malaysia (Jakim), Majlis Ugama Islam Singapura (Muis), The Central Islamic Council of Thailand (Cicot), dan Taiwan Halal Integrity Development Association (Thida). 

KMF memakai sistem blockchain untuk memastikan kehalalan produk-produk. Produsen bisa meminta request sertifikasi kepada KMF.

Selain itu, KMF turut menyediakan layanan pernikahan dan pemakaman bagi umat Islam di Korea. 

Pada bidang pendidikan, KMF memiliki Prince Sultan Islamic School untuk mendidikan anak-anak Muslim di Korea, serta anak-anak Muslim dari luar negeri. Sekolah ini berlokasi di ibu kota Seoul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.