Cara Maksimalkan Smartphone untuk Ngabuburit di Bulan Ramadhan

Oleh IskandarGiovani Dio Prasasti pada 10 Apr 2022, 15:00 WIB
Diperbarui 10 Apr 2022, 15:00 WIB
Redmi Note 11
Perbesar
Desain Redmi Note 11 yang baru saja diperkenalkan di Indonesia. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi memberikan beberapa tips kegiatan ngabuburit di bulan Ramadhan 2022 yang bisa dilakukan, dengan memanfaatkan fitur-fitur dari HP Redmi terbaru yaitu Redmi Note 11:

1. Menyimak konten Dakwah

Sejumlah program acara spesial edisi Ramadan untuk menambah pemahaman ilmu agama Islam dan menemani waktu berbuka puasa, biasanya akan banyak mengisi jam-jam ngabuburit.

Xiaomi mengklaim, Redmi Note 11 cocok dipakai untuk menyaksikan acara-acara tersebut.

Redmi Note 11 sendiri mengusung layar FHD+ Super AMOLED DotDisplay berukuran 6.43. Mereka juga mengadopsi color gamut support DCI-P3 dengan peak brightness mencapai hingga 1000 nits.

Tak cuma untuk menonton konten-konten dakwah, Redmi Note 11 juga bisa dipakai untuk menikmati ngabuburit dengan mendengarkan alunan musik Islami. Ini karena Redmi Note 11 dilengkapi dual speaker linier untuk menghasilkan suara stereo yang jernih.

2. Bermain Game Online

Bermain game online juga jadi salah satu pilihan kegiatan ngabuburit yang banyak dilakukan oleh orang-orang. Xiaomi mengatakan, Redmi Note 11 juga bisa digunakan untuk aktivitas semacam ini.

Redmi Note 11 sendiri mengusung prosesor Snapdragon 680 dan GPU Qualcomm Adreno 610.

Redmi Note 11 juga memiliki RAM hingga 6GB dengan kapasitas penyimpanan 128GB, sehingga mampu menjalankan kegiatan multitasking seperti bermain game sambil browsing internet secara bersamaan.

Disematkan juga memory extension, memungkinkan untuk menambahkan kapasitas RAM sehingga pengguna dapat leluasa menjalankan lebih banyak program tanpa khawatir smartphone akan berhenti bekerja atau forced shutdown.

"Ditambah dukungan MIUI 13 yang hadir mampu mengoptimalkan manajemen sumber daya sehingga pengalaman pengguna akan lebih baik lagi," kata Xiaomi.


3. Video Call

Redmi Note 11 Dianggap Sebagai Smartphone Jawara, Punya Keunggulan Apa?
Perbesar
Melihat keunggulan Redmi Note 11 yang dianggap sebagai smartphone jawara (Redmi)

Ngabuburit bisa diisi dengan kegiatan yang menjalin silaturahmi baik dengan teman atau keluarga, yaitu melakukan video call.

Xiaomi mengatakan, perangkat mereka Redmi Note 11 dapat digunakan untuk kegiatan ini, karena sudah mendukung kamera depan 13MP. Smartphone ini juga dibekali baterai 5000mAh.

Tidak hanya untuk video call, kapasitas baterai besar ini diklaim juga dapat digunakan untuk menonton video hingga 22 jam, aktivitas menelepon sampai 43 jam, atau mendengarkan musik hingga 215 jam.

Redmi juga menyematkan teknologi 33W Pro Fast Charging di Redmi Note 11, yang disebut bisa mengisi daya baterai hingga 100 persen dalam waktu satu jam.

4. Membuat Kreasi Album Foto Ramadan

Album foto Ramadan dapat dibuat dengan menggunakan fitur fotografi dari Redmi Note 11. Smartphone ini mempunyai 4 pilihan kamera belakang.

Jika menginginkan foto dengan resolusi tinggi dan detail warna yang akurat, pengguna disarankan menggunakan kamera utama 50MP.

Sementara apabila ingin mengambil foto dengan sudut tangkap yang luas, pengguna bisa memilih kamera ultra-wide 8MP.

Redmi Note 11 juga memiliki kamera makro 2MP untuk memberikan detail gambar yang jelas untuk foto jarak dekat. Pengguna juga bisa bermain efek bokeh yang natural menggunakan 2MP depth camera.

Redmi Note 11 memiliki dual SIM Card dan slot micro SD yang mampu menampung memori hingga 1TB. Dengan kapasitas itu, pengguna diklaim bisa menyimpan lebih dari 500 video, 250 ribu audio, dan lebih dari 500 ribu foto.


Redmi Note 11 Pro

Redmi
Perbesar
Tampilan Redmi Note 11 Pro yang baru saja diumumkan untuk pasar global. (Dok: Xiaomi)

Di sisi lain, Xiaomi juga memperkenalkan dua varian Redmi Note 11 Pro di Tanah Air, yakni versi 4G dan 5G. Secara keseluruhan, dua smartphone ini memiliki spesifikasi yang nyaris serupa, tapi dengan chipset yang berbeda.

Redmi Note 11 Pro versi 5G menggunakan chipset Snapdragon 695, sedangkan di versi 4G memakai Helio G96. Selain chipset, hampir tidak ada lagi perbedaan signifikan antara kedua smartphone tersebut.

Baik Redmi Note 11 Pro versi 4G dan 5G sama-sama menggunakan layar AMOLED 6,67 inc dengan resolusi FHD+, refresh rate 120Hz, dan touch sampling rate 360Hz.

Sebagai perlindungan, layar perangkat ini dilapisi Gorilla Glass 5 dan sertifikasi IP53. Keduanya juga sudah dibekali baterai berkapasitas 5.000mAh yang mendukung fast charging 67W.

Menurut Xiaomi, pengisian daya 67W ini merupakan fitur flagship yang hadir untuk pertama kali di lini Redmi Note. Xiaomi sendiri pertama kali memperkenalkan teknologi ini di Mi 11 Ultra.

Dengan kemampuan tersebut, Xiaomi mengklaim, baterai Redmi Note 11 Pro mampu terisi daya dari 0 hingga 50 persen dalam waktu 15 menit. Perangkat ini juga didukung NFC, IR blaster, Wi-Fi 5, serta Bluetooth 5.1.


Infografis Sejumlah daerah memiliki tradisi 'bersih-bersih diri' dengan cara mandi menyambut Ramadan (dok. Liputan6.com/Tri Yasni)

Infografis tradisi bersih-bersih diri sambut Ramadan
Perbesar
Infografis Sejumlah daerah memiliki tradisi 'bersih-bersih diri' dengan cara mandi menyambut Ramadan (dok. Liputan6.com/Tri Yasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya