Sukses

11 Bacaan Doa agar Hati Tenang dan Ikhlas, Bebas dari Gelisah

Kumpulan bacaan doa agar hati tenang dan ikhlas.

Liputan6.com, Jakarta Manusia tidak akan luput dari diliputinya perasaan gelisah, gundah, dan tidak tenang. Bagi umat muslim, memahami bacaan doa agar hati tenang dan ikhlas penting untuk bisa menghadapi situasi seperti ini.

Bacaan doa agar hati tenang dan ikhlas ditujukan agar seorang hamba diberikan ketenangan jiwa, dilancarkannya segala urusan, dilapangkan dada, dibebaskan dari kejenuhan, diliputi lebih banyak berkah hidup, hingga dikuatkan dalam menghadapi suatu masalah hidup.

Membaca bacaan doa agar hati tenang dan ikhlas bisa dilakukan usai melaksanakan ibadah sholat, saat menghadapi kesulitan, serta di waktu-waktu mustajab untuk berdoa. Seperti apa bacaan doa agar hati tenang dan ikhlas tersebut?

Berikut Liputan6.com ulas 11 bacaan doa agar hati tenang dan ikhlas bahasa Arab, Latin, dan artinya, Minggu (10/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa agar Hati Tenang dan Ikhlas

1. Doa Memohon Ketenangan Jiwa

Bacaan doa agar hati tenang dan ikhlas pertama adalah ditujukan untuk memohon ketenangan jiwa, memohon perasaan cukup atas segala yang dimiliki saat ini.

Bacaan doa agar hati tenang dan ikhlas ini dijelaskan dalam buku berjudul Doa Dzikir Muslimah oleh Abu Ayyub El-Faruqi.

Bacaan Doa agar Hati Tenang dan Ikhlas Arab:

أَللّٰهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

Bacaan Doa agar Hati Tenang dan Ikhlas Latin:

“Allahumma inni as aluka nafsaan bika muthma innah tu,minu biliqooika watardho biqodoika wataqna'u bi'athoika.”

Arti Bacaan Doa agar Hati Tenang dan Ikhlas:

“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridha dengan ketetapanMu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu."

2. Doa Dilancarkan Segala Urusan

Bacaan doa agar hati tenang dan ikhlas kedua adalah ditujukan untuk memohon agar segala urusan diberi kelancaran dan dihindarkan dari kesulitan seperti masalah hidup yang berat.

Bacaan doa agar hati tenang dan ikhlas ini dijelaskan dalam buku berjudul Doa Zikir Mohon Pelindungan dan Ketenangan Hati oleh Darul Insan.

Bacaan Doa agar Hati Tenang dan Ikhlas Arab:

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Bacaan Doa agar Hati Tenang dan Ikhlas Latin:

Robbisy rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul’udatam-milisaanii. Yafqohuu qoulii

Arti Bacaan Doa agar Hati Tenang dan Ikhlas:

“Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekauan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.”

3. Doa Diperbaiki Segala Urusan

Bacaan doa agar hati tenang dan ikhlas ketiga adalah ditujukan untuk memohon agar segala urusan bisa diselesaikan dalam keadaan yang lebih sempurna dengan perbaikan bersama campur tangan-Nya.

Bacaan doa agar hati tenang dan ikhlas ini dijelaskan dalam buku berjudul Doa Zikir Mohon Pelindungan dan Ketenangan Hati oleh Darul Insan.

Bacaan Doa agar Hati Tenang dan Ikhlas Arab:

اللَّهُمَّ رَحْمَتَكَ أَرْجُو فَلاَ تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْنٍ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِي كُلَّهُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ

Bacaan Doa agar Hati Tenang dan Ikhlas Latin:

Allahumma rahmataka arju fala takilni ila nafsi tharfaka ainin ashlihli syani kullahu lailaha illa anta.

Arti Bacaan Doa agar Hati Tenang dan Ikhlas:

“Ya Allah, rahmat-Mu aku harapkan, maka janganlah Engkau bebankan pada diriku walau sekejap mata pun (urusan-urusan tersebut) dan perbaikilah segala urusanku, tidak ada Tuhan selain Engkau.”

4. Doa Melepaskan Kejenuhan

Bacaan doa agar hati tenang dan ikhlas keempat adalah ditujukan untuk memohon dilepaskan dari pikiran dan perasaan jenuh. Ini bacaan doa agar hati tenang dan ikhlas yang disepakati oleh para ulama Nahdlatul Ulama (NU).

Bacaan Doa agar Hati Tenang dan Ikhlas Arab:

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ لِيْ نُوْرًا فِيْ قَلْبِيْ، وَنُوْرًا فِيْ قَبْرِيْ، وَنُوْرًا فِيْ سَمْعِيْ، وَنُوْرًا فِيْ بَصَرِيْ، وَنُوْرًا فِيْ شَعْرِيْ، وَنُوْرًا فِيْ بَشَرِيْ، وَنُوْرًا فِيْ لَحْمِيْ، وَنُوْرًا فِيْ دَمِيْ، وَنُوْرًا فِيْ عِظَامِيْ. وَنُوْرًا مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ، وَنُوْرًا مِنْ خَلْفِيْ، وَنُوْرًا عَنْ يَمِيْنِيْ، وَنُوْرًا عَنْ شِمَالِيْ، وَنُوْرًا مِنْ فَوْقِيْ، وَنُوْرًا مِنْ تَحْتِيْ. اَللّٰهُمَّ زِدْنِيْ نُوْرًا، وَاَعْطِنِيْ نُوْرًا، وَاجْعَلْ لِيْ نُوْرًا، وَاجْعَلْنِيْ نُوْرًا

Bacaan Doa agar Hati Tenang dan Ikhlas Latin:

Allāhummaj‘al lī nūran fī qalbī, wa nūran fī qabrī, wa nūran fī sam‘ī, wa nūran fī basharī, wa nūran fī sya‘rī, wa nūran fī basyarī, wa nūran fī lahmī, wa nūran fī damī, wa nūran fī ‘izhāmī, wa nūran min bayni yadayya, wa nūran fī khalfī, wa nūran ‘an yamīnī, wa nūran ‘an syimālī, wa nūran min fawqī, wa nūran min tahtī. Allāhumma zidnī nūrā. Wa a‘thinī nūrā. Waj‘al lī nūrā. Waj‘alnī nūrā.

Arti Bacaan Doa agar Hati Tenang dan Ikhlas:

"Ya Allah jadikanlah cahaya pada hatiku, kuburku, pendengaranku, penglihatanku, rambutku, kulitku, dagingku, darahku, tulang-tulangku, di hadapanku, belakangku, sisi kananku, sisi kiriku, sisi atasku, dan pada sisi bawahku. Ya Allah tambahkanlah cahaya bagiku. Berikanlah cahaya kepadaku. Jadikanlah cahaya bagiku. Jadikanlah diriku bercahaya."

5. Doa Memohon Lebih Banyak Berkah

Bacaan doa agar hati tenang dan ikhlas kelima adalah ditujukan untuk memohon lebih banyak keberkahan dalam hidup agar hati lebih tenang. Ini bacaan doa agar hati tenang dan ikhlas dikutip dari Al-Qur’an surat ad-Duha.

Bacaan Doa agar Hati Tenang dan Ikhlas Arab:

وَالضُّحٰىۙ وَالَّيْلِ اِذَا سَجٰىۙ مَا وَدَّعَكَ رَبُّكَ وَمَا قَلٰىۗ وَلَلْاٰخِرَةُ خَيْرٌ لَّكَ مِنَ الْاُوْلٰىۗ وَلَسَوْفَ يُعْطِيْكَ رَبُّكَ فَتَرْضٰىۗ اَلَمْ يَجِدْكَ يَتِيْمًا فَاٰوٰىۖ وَوَجَدَكَ ضَاۤلًّا فَهَدٰىۖ وَوَجَدَكَ عَاۤىِٕلًا فَاَغْنٰىۗ فَاَمَّا الْيَتِيْمَ فَلَا تَقْهَرْۗ وَاَمَّا السَّاۤىِٕلَ فَلَا تَنْهَرْ وَاَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ

Arti Bacaan Doa agar Hati Tenang dan Ikhlas:

 

“Demi waktu dhuha (ketika matahari sepenggalah). Dan demi malam apabila telah sunyi. Tuhanmu tidak meninggalkan engkau (Muhammad) dan tidak (pula) membencimu, Dan sungguh, yang kemudian itu lebih baik bagimu dari yang permulaan, Dan sungguh, kelak Tuhanmu pasti memberikan karunia-Nya kepadamu, sehingga engkau menjadi puas.

Bukankah Dia mendapatimu sebagai seorang yatim, lalu Dia melindungi(mu) Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang bingung, lalu Dia memberikan petunjuk, dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang kekurangan, lalu Dia memberikan kecukupan, Maka terhadap anak yatim janganlah engkau berlaku sewenang-wenang. Dan terhadap orang yang meminta-minta janganlah engkau menghardik (nya). Dan terhadap nikmat Tuhanmu hendaklah engkau nyatakan (dengan bersyukur).”

 

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa agar Hati Tenang dan Ikhlas Selanjutnya

6. Doa Dihindarkan dari Perasaan Gelisah

Bacaan Doa agar Hati Tenang dan Ikhlas:

Allahumma Inni a'udzubika minal hammi wal huzni, wal ajzi, wal kasali, wal bukhli, wal jubni, wal dhola'id daini, wa gholabatir rijali.

Arti Bacaan Doa agar Hati Tenang dan Ikhlas:

"Ya Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban hutang serta tekanan orang-orang (jahat)."

7. Doa Kuat Menghadapi Masalah

Bacaan Doa agar Hati Tenang dan Ikhlas:

Allahumma la sahla illa ma ja’altahu sahla, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahla.

Arti Bacaan Doa agar Hati Tenang dan Ikhlas:

"Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah."

8. Doa Dihindarkan dari Keburukan

Bacaan Doa agar Hati Tenang dan Ikhlas:

Bismillahir rahmanir rahim. Ilahi kaifa ad'uka wa ana ana, wa kaifa aqtho'u rajai wa anta anta ilahi, falaqtal bahra li musa 'alaihis salam wa najjaitahu minal gharaqi rabbi najjini mimma ana fihi rabbi hab li farjan wa makhrajan birahmatika ya arhamar rahimin.

Arti Bacaan Doa agar Hati Tenang dan Ikhlas:

 

"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Wahai Tuhanku, bagaimana aku memohon kepada-Mu sementara aku adalah aku, dan bagaimana aku memutus harapanku sementara Engkau adalah Tuhanku.

Engkau belah lautan untuk Nabi Musa (keselamatan atasnya) dan Engkau selamatkan dia dari tenggelam. Wahai Tuhanku, selamatkan aku dari apa yang sedang aku ada di dalamnya. Wahai Tuhanku, berilah aku kemudahan dan jalan keluar dengan rahmat-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pengasih di antara para pengasih."

 

9. Doa Dihindarkan dari Keraguan

Bacaan doa agar hati tenang dan ikhlas kesembilan adalah ditujukan untuk memohon agar dihindarkan dari gelapnya perasaan ragu dan memohon rahmat untuk menjalani hidup.

Bacaan doa agar hati tenang dan ikhlas ini dijelaskan dalam buku berjudul Meraih Inner Beauty dengan Doa & Zikir oleh Windya Novita.

Bacaan Doa agar Hati Tenang dan Ikhlas:

Allahumma akhrijni min dhulumaatil wahmi, wa akrimni bi nurril fahmi waf tahlii abwaabal ilmi wa zayyinil akhlaaqil hasatani wal hilmi. Allahumma nawwir qolbi binuuri qidaayatika kamaa nawwartas samaawati wal ardho arhabadan bi rahmaika yaa arhamar raahimiina.

Arti Bacaan Doa agar Hati Tenang dan Ikhlas:

 

“Ya Allah, keluarkan saya dari kegelapan keraguan, karuniakan kepadaku kepahaman. Bukakanlah bagiku pintu ilmu dan hiasilah saya dengan akhlak yang baik dan kasih sayang.

Ya Allah terangilah hatiku dengan cahaya hidayah-Mu sebagaimana Engkau senantiasa menerangi langit dan bumi dengan rahmat-MU, wahai Dzat yang paling pengasih dari semua yang pengasih.”

 

10. Doa Memohon Kelapangan Dada

Bacaan doa agar hati tenang dan ikhlas keempat adalah ditujukan untuk memohon kelapangan dada saat menghadapi segala urusan. Ini bacaan doa agar hati tenang dan ikhlas dikutip dari Al-Qur’an surat at-Thaha.

Bacaan Doa agar Hati Tenang dan Ikhlas:

Rabbish rahli sadri. Wayassirli amri. Wahlul uqdatam millisani. Yafqahu qauli.

Arti Bacaan Doa agar Hati Tenang dan Ikhlas:

"Wahai Tuhanku, lapangkanlah bagiku dadaku, dan mudahkanlah bagiku urusanku, dan lancarkanlah lidahku supaya mereka faham ucapanku."

11. Doa Memohon Bertambahnya Iman

Bacaan doa agar hati tenang dan ikhlas keempat adalah ditujukan untuk memohon bertambahnya keimanan dan ketenangan hati. Ini bacaan doa agar hati tenang dan ikhlas dikutip dari Al-Qur’an surat al-Fath.

Bacaan Doa agar Hati Tenang dan Ikhlas:

huwallażī anzalas-sakīnata fī qulụbil-mu'minīna liyazdādū īmānam ma'a īmānihim, wa lillāhi junụdus-samāwāti wal-arḍ, wa kānallāhu 'alīman ḥakīmā

Arti Bacaan Doa agar Hati Tenang dan Ikhlas:

"Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada). Dan kepunyaan Allah-lah tentara langit dan bumi dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.