Sukses

Kumpulan Doa Saat Hujan, Hujan Lebat dan Setelah Hujan Reda

Selain mempersiapkan diri ketika hujan datang, Anda juga dianjurkan membaca doa saat hujan lebat agar tidak ada banjir dan bencana.

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini, hujan kerap turun di sejumlah wilayah di Tanah Air. Lebatnya hujan terkadang menyebabkan beberapa kawasan rawan banjir.

Untuk itu, selain mempersiapkan diri ketika hujan datang, Anda juga dianjurkan membaca doa saat hujan lebat agar tidak ada banjir dan bencana.

Mengutip dari Nu, Sabtu (9/4/2022), doa ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari yang dinukil oleh Imam Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah dalam Kitab Al-Wabilus Shayyib minal Kalimit Thayyib, (Kairo, Darud Diyan lit Turats: 1987 M/1408 H), halaman 176.

Doa ini dibaca oleh Rasulullah saat khutbah Jumat berlangsung ketika seorang sahabat datang melapor bahwa hujan lebat yang selama sekira enam hari berlangsung membuat masyarakat kehilangan harta benda dan merusak fasilitas jalan. 

Berikut ini doa yang bisa diamalkan saat turun hujan.

اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

Allahumma shayyiban nafi’an.

Artinya,

Ya Allah, curahkanlah air hujan yang bermanfaat. (HR Bukhar dari Aisyah RA).

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doa saat hujan lebat dan sesudah hujan

Selain itu, ada pula doa yang bisa dibaca saat hujan lebat.

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا ، اللَّهُمَّ عَلَى الآكَامِ وَالظِّرَابِ ، وَبُطُونِ الأَوْدِيَةِ ، وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allahuma hawalaina wa la alaina. Allahumma alal akami wal jibali, waz zhirabi, wa buthunil awdiyati, wa manabitis syajari.

Artinya,

“Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami (memberkahi), bukan di atas kami (memudharatkan). Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuh pohon.”

 

Doa ini bisa Anda amalkan setelah turun hujan.

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللـهِ ورَحْمَتِهِ

 

Muthirnaa bifadhlillahi wa rahmatihi.

Artinya,

Diturunkan kepada kami hujan berkat anugerah Allah dan rahmat-Nya. (HR Bukhari)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.