Sukses

Kunci Motor Hilang Saat Ngabuburit, Segera Lakukan 4 Hal Ini

Jika hal ini sampai terjadi, janganlah panik karena tidak akan menyelesaikan masalah.

Liputan6.com, Jakarta - Sasat asyik ngabuburit dan berburu hidangan untuk berbuka, tentu saja ada kemungkinan kunci motor hilang. Jika hal ini sampai terjadi, janganlah panik karena tidak akan menyelesaikan masalah.

Banyak faktor yang menyebabkan kunci motor hilang, seperti terjatuh di jalan, lupa menaruhnya, bahkan terbawa secara tidak sengaja oleh orang lain. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan ketika kunci motor hilang. Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara yang dapat dilakukan saat kehilangan kunci motor.

1. Menghubungi Pihak Keamanan Setempat 

Saat Otolovers kehilangan kunci di area parkir, ada baiknya untuk segera menghubungi pihak keamanan yang terdapat di sekitar parkiran. Hal ini dikarenakan pihak keamanan mengetahui situasi dan kondisi di area tersebut. Bisa jadi kunci Otolovers masih tertancap pada sepeda motor, sehingga kunci tersebut diamankan oleh petugas.

2. Memanfaatkan Kunci Serep

Kunci serep/cadangan menjadi salah satu penyelamat ketika kunci utama milik Otolovers hilang. Biasanya setiap orang yang memiliki kendaraan dapat dipastikan mempunyai kunci cadangan bawaan dari dealer. Dengan begitu, saat Otolovers membeli kendaraan bekas, pastikan pada pemilik yang sebelumnya untuk memberikan kunci cadangan.

3. Memanggil Ahli Kunci

Sejatinya memanggil ahli kunci saat kehilangan kunci motor adalah hal yang wajar, karena tingkat keberhasilan menggunakan jasa ahli kunci cukup tinggi. Otolovers tak perlu repot-repot untuk mencari, cukup menghubungi dan menyiapkan uang saja.

Biaya yang dikeluarkan untuk membayar jasa ini ada di kisaran Rp35 ribu untuk model biasa, sedangkan untuk model laser cut dipatok sedikit lebih mahal dengan kisaran Rp50 ribu hingga Rp70 ribu, akan tetapi setiap tukang kunci memiliki harga yang berbeda-beda. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Membongkar Rumah Kunci

 Untuk cara yang terakhir ini memang cukup rumit dan merepotkan, namun dapat digunakan pada saat genting. Cara ini dapat dilakukan saat Otolovers berada di wilayah yang jauh dari pemukiman dan minimnya ahli kunci. Setelah rumah kunci terlepas, bawa ke tempat jasa kunci, akan tetapi pastikan jika motor dalam posisi yang aman.

Rumah kunci bisa dibuka dengan melepas tameng depan motor. Lalu kendorkan baut yang menempel pada area rumah kunci. Cabut terlebih dahulu soket kabel sebelum melepas rumah kunci yang terhubung dengan kelistrikan. 

Berikut, adalah cara mengatasi saat kunci motor hilang yang dapat otolovers terapkan sewaktu-waktu ketika mengalami kondisi ini. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat dan membantu Otolovers semuanya. 

Penulis: Dien Muhammad Abizard

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.