Sukses

Ramadhan 2022, Warga Mesir Kena Dampak Situasi Global

Mesir juga terdampak invasi Rusia. Mata uang mengalami devaluasi, BBM naik, dan akibatnya skema belanja warga berubah di Ramadhan 2022.

Liputan6.com, Kairo - Invasi Rusia ke Ukraina memberikan dampak kepada kebiasaan belanja masyarakat di Mesir. Harga BBM diketahui naik dan mata uang mengalami devaluasi. Biasanya warga Mesir suka beli kacang-kacangan, buah kering, dan produk Ramadhan lainnya, kini situasi berbeda. 

Dilaporkan VOA Indonesia, Sabtu (9/4/2022), berbeda dengan Ramadhan pada tahun-tahun sebelumnya, para pengunjung kali ini umumnya menahan diri sewaktu membelanjakan uang mereka. Paling tidak, itu kata Mohamed Ahmed Tawfiq, yang mengaku cenderung membeli setengah dari jumlah yang biasanya dibeli saat Ramadan.

“Tahun lalu harga sedikit lebih rendah. Tahun ini produk ada, tapi harganya lebih mahal dari tahun lalu. Tahun lalu saya beli satu kilo, sekarang saya beli setengah kilo. Kalau dulu saya beli setengah kilo, sekarang saya beli seperempat kilo," jelasnya.

Sikap menahan diri juga diambil Khaled Mohsen, pengacara dan ayah tiga anak. Ia sering datang ke pasar itu bersama keluarganya untuk berbelanja kebutuhan pokok Ramadhan.

Namun, sementara ia mengakui bahwa harga banyak kebutuhan pokok lebih tinggi pada tahun ini, harga itu masih terjangkau oleh keluarga berpenghasilan menengah seperti dirinya.

Dampak Invasi

Mesir mendevaluasi mata uangnya, pound, sebesar 14 persen bulan lalu menyusul invasi Rusia ke Ukraina. Perang itu mendorong banyak investor asing menarik miliaran dolar dari pasar uang Mesir sehingga memberikan tekanan pada mata uangnya.

Menurut badan penyedia data keuangan Refinitif, pound turun menjadi 18,17-18,27 terhadap dolar AS, setelah sebelumnya diperdagangkan sekitar 15,7 pound per dolar AS sejak November 2020.

Perang di Ukraina juga memukul perekonomian Mesir. Rusia dan Ukraina adalah pemasok utama gandum ke Mesir, sementara Mesir adalah importir gandum terbesar dunia. Kedua negara itu juga merupakan pemasok wisatawan terbesar bagi resor-resor Laut Merah yang berada di Mesir.

Hal serupa juga dirasakan oleh Turki yang memiliki hubungan dagang signifikan dengan dua pihak yang berkonflik. Turki pun terus berupaya agar terjadi perdamaian antara kedua pihak. Istanbul juga sempat menjadi lokasi pertemuan delegasi Rusia dan Ukraina.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Relawan Arab Saudi Berbagi Takjil di Jalan, Cegah Warga Ngebut Pulang untuk Buka Puasa

Demi mencegah orang-orang ngebut karena bergegas pulang ke rumah untuk berbuka puasa Ramadhan 2022, sukarelawan di Riyadh, Arab Saudi membagi-bagikan paket makanan kecil untuk pengemudi kendaraan bermotor yang tidak dapat sampai rumah tepat pada waktu berbuka.

Mengutip VOA Indonesia, Jumat (8/4/2022), dengan mengenakan rompi kuning bertuliskan slogan "Makanan berbuka Anda, kami yang sediakan," sejumlah sukarelawan muda Arab Saudi berkumpul di beberapa ruas jalan.

Mereka siap membagi-bagikan makanan kecil untuk berbuka puasa kepada para pengemudi kendaraan bermotor atau orang-orang yang lewat.

Setiap hari, mereka membagikan 600 kotak makanan atau takjil di Kota Riyadh, Jeddah dan Dammam. Tujuannya adalah meminimalkan kecelakaan mobil menjelang magrib, akibat pengendara yang ngebut agar bisa segera sampai di rumah untuk berbuka puasa.

"Kampanye kami hari ini adalah membantu mereka yang berpuasa untuk berbuka puasa. Target kampanye kami adalah mendistribusikan 200 kotak makanan per hari kepada mereka yang berlalu," ujar salah seorang sukarelawan Saudi itu, Rami Masoud. 

"Tujuan utamanya adalah membantu orang-orang yang sedang berpuasa, agar mereka tidak mengemudikan kendaraan dengan ngebut agar tiba di rumah dengan cepat, guna mencegah terjadinya kecelakaan kendaraan bermotor pada waktu-waktu ini," imbuh Rami Masoud.

Kampanye The Happiness of Our People

Prakarsa Ramadhan ini merupakan bagian dari kampanye yang lebih besar yang disebut The Happiness of Our People atau "Kebahagiaan Rakyat Kami". Kegiatan ini mencakup berbagai jenis kegiatan amal yang dilakukan sepanjang tahun.

Target prakarsa ini adalah membagikan 18 ribu kotak makanan sepanjang bulan Ramadhan.

3 dari 4 halaman

Hindari Boraks

Di dalam negeri, mengantisipasi peredaran zat berbahaya yang kerap muncul dalam jajanan buka puasa atau takjil, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BB-POM) menggelar pemeriksaan acak intensifikasi tahap pertama. Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BB-POM) Kota Banda Aceh misalnya, mereka menemukan ada zat berbahaya jenis boraks pada makanan cincau di Pasar Lambaro, Kabupaten Aceh Besar.

"Dari hasil uji cincau tersebut kami temukan terindikasi mengandung boraks, tetapi masih perlu konfirmasi lebih lanjut," kata Kepala BB-POM Banda Aceh Yudi Noviandi, Kamis (7/4/2022).

Hasil tersebut ditemukan saat BB-POM Banda Aceh melakukan pengawasan pangan jajanan Ramadhan di wilayah pasar Keutapang dan Lambaro Aceh Besar. Sejauh ini baru cincau yang terindikasi menggunakan zat berbahaya.

Yudi mengatakan, dari beberapa 10 sampel makanan dan minuman yang diambil di pasar Ketapang semuanya telah disimpulkan negatif dari zat berbahaya.

Sedangkan di pasar Lambaro, Aceh Besar dari 20 sampel produk makanan dan minuman seperti serta es cendol yang diperiksa juga dinyatakan negatif, kecuali satu yakni cincau terindikasi kuat memakai boraks.

"Untuk makanan dan minuman lainnya alhamdulillah negatif dari bahan berbahaya, dan layak untuk dikonsumsi. Kecuali cincau ini akan diperiksa lagi," ujarnya.

Untuk cincau tersebut, kata Yudi, pihaknya segera melakukan pengujian lebih lanjut di laboratorium BB-POM Banda Aceh guna memastikan apakah makanan itu benar-benar positif mengandung boraks atau tidak.

4 dari 4 halaman

Balap Liar Jadi Masalah Saat Puasa

 Selama bulan puasa Ramadan banyak pemuda dan remaja di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur menggelar aksi balap liar saat menunggu waktu berbuka puasa dan di pagi hari.

Untuk itu, aparat Polres Pamekasan melakukan penertiban di sejumlah tempat yang digunakan untuk balap liar. Salah satunya penertiban di Jalan Raya Desa Sentol, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Rabu (6/4/2022), dilansir dari Antara.

Petugas dari Polsek Pademawu datang secara tiba-tiba dari dua arah berbeda dan berhasil menyita sedikitnya enam unit sepeda motor yang digunakan balapan liar di lokasi itu.

"Selain karena sudah menjadi atensi pimpinan yakni Pak Kapolres, penertiban balapan liar ini kami lakukan, karena sangat meresahkan masyarakat," kata Kapolsek Pademawu Iptu Rianto.

Berbeda dengan di sejumlah lokasi lain, balapan liar oleh sekelompok pemuda di lokasi ini, pada pagi hari, bersamaan dengan waktu jalan-jalan pagi.

"Biasanya kalau di tempat lain pada sore hari. Tapi di sini pagi. Mungkin untuk menyiasati agar petugas tidak tahu," katanya.

Kapolsek menjelaskan, pihaknya mengetahui ada aksi balapan liar di pagi hari berdasarkan informasi yang disampaikan masyarakat yang merasa terganggu dengan kegiatan sekelompok pemuda tersebut.

"Saat menerima informasi itu, kami langsung menerjunkan tim intelijen ke lokasi yang dimaksud, dan ternyata memang benar ada balapan liar sebagaimana disampaikan warga melalui pesan singkat kepada kami," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.