Sukses

Meski Praktis, Hindari Beri Anak Makan Nasi dan Nugget Saat Sahur

Seringkali agar praktis, pilihan frozen food seperti nugget menjadi pilihan orang tua dalam memberikan makanan untuk sahur si Kecil. Namun hal ini ternyata bisa berdampak pada si Kecil.

Liputan6.com, Jakarta Seringkali agar praktis, pilihan frozen food seperti nugget menjadi pilihan orang tua dalam memberikan makanan untuk sahur si Kecil. Namun hal ini ternyata bisa berdampak pada si Kecil.

Seperti disampaikan Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah – Bintaro Jaya dr. Caessar Pronocitro, untuk anak-anak usia aktif, kebutuhan cairan dan nutrisi pada saat berpuasa sebenarnya tetap sama walau sedang berpuasa, hanya waktu-waktu pemberiannya saja yang diatur sepanjang buka hingga sahur. Sehingga, kebutuhan nutrisi tersebut harus tetap terpenuhi seperti di hari-hari biasa.

"Makanan siap saji umumnya mengandung nutrisi seperti serat, vitamin, dan mineral yang rendah serta gula, garam, dan lemak jenuh yang lebih tinggi dibandingkan makanan yang dimasak sendiri. Sehingga, makanan seperti itu kurang disarankan," katanya, melalui pesan elektronik yang diterima Liputan6.com, Sabtu (8/4/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lantas, makanan apa yang dianjurkan untuk anak agar kuar berpuasa penuh?

dr. Caessar menyarankan untuk sahur, dapat diberikan banyak minum agar asupan cairan terpenuhi, serta makanan yang mengandung air agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik selama berpuasa.

"Berikanlah makanan dengan whole grain atau yang mengandung karbohidrat sebagai sumber energi, serta cukup serat. Contohnya adalah nasi, oat atau bubur, susu, yogurt, roti, dilengkapidengan sumber protein serta buah-buahan," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini