Sukses

Helo Ramadan Ajak Kaum Muslim Kerjakan Tantangan Mingguan hingga Kajian Online

Survei menyebutkan umat muslim di Indonesia banyak menghabiskan waktu selama Ramadhan dengan bermain internet. Helo Indonesia menawarkan kegiatan daring yang lebih positif.

Liputan6.com, Jakarta - Survei The Trade Desk dan YouGov yang digelar beberapa waktu lalu menunjukkan mayoritas orang Indonesia memilih menghabiskan sebagian besar waktunya di bulan Ramadhan dengan mengakses internet. Lewat sambungan internet, mereka mencari informasi terbaru, menggunakan media sosial, dan berinteraksi bersama keluarga atau kerabat.

Tren perilaku masyarakat ini menunjukkan mereka perlu wadah dan kegiatan yang bermanfaat untuk mengisi bulan Ramadhan atau bulan puasa. Fakta itu membuat Helo, platform media sosial terintegrasi, meluncurkan kampanye bertajuk #HeloRamadan sepanjang bulan puasa ini.

"Kami meluncurkan kampanye #HeloRamadan untuk membantu masyarakat saling terhubung dengan kerabat maupun pengguna lain di seluruh Indonesia," ucap Country Head of Operations Helo Indonesia, Indira Melik dalam konferensi pers virtual peluncuran #HeloRamadan: Saling Silaturahmi Lewat Helo pada Kamis, 7 April 2022.

Indira menambahkan, Helo Indonesia mengajak para pengguna merasakan kehangatan dan kebersamaan Ramadhan dengan saling berbagi informasi, menghibur, dan menyebar inspirasi seputar Ramadhan. Beberapa kegiatan di #HeloRamadan antara lain tantangan mingguan dan kajian online bersama pemuka agama.

Masyarakat juga bisa mendapatkan inspirasi perayaan Ramadhan dari para kreator, interaksi bersama selebriti, serta berita terkini seputar kegiatan selama bulan puasa. Berlangsung hingga Hari Raya Idul Fitri, para pengguna dapat merayakan Ramadhan tahun ini secara lebih semarak dan interaktif dengan mengikuti berbagai program menarik tersebut.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berbagai Tantangan

Indira mengatakan, di Ramadhan tahun ini masyarakat berkesempatan untuk menjalani bulan suci secara lebih leluasa, termasuk berkegiatan secara tatap muka saat sahur, ngabuburit, maupun mudik. Oleh karena itu, kampanye #HeloRamadan diharapkan bisa memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat serta bisa terus mengikuti informasi terkini.

Penyanyi Salshadilla Juwita yang aktif membuat konten di Helo mengatakan, melalui beragam kegiatan yang hadir selama Ramadhan di Helo, maka kian banyak cara untuk berbagi cerita dan kegiatannya kepada penggemar.

"Ini memudahkan bersilaturahmi sekaligus mendekatkan saya dengan para penggemar di mana pun mereka berada," ujarnya. Dalam Ramadhan tahun ini, Salshadilla mengajak penggemarnya mengikuti berbagai tantangan yang diadakan Helo Indonesia.

Sedangkan pembuat konten kuliner di Helo Indonesia, Yuliani atau Mamak Yuli mengatakan senang berbagi inspirasi menu yang mudah dibuat, khususnya saat Ramadhan. "Saya tidak hanya menyampaikan resep dan menu kepada pengguna lain, tetapi juga bisa saling belajar dan berinteraksi di Helo," terangnya.

3 dari 4 halaman

Bukan Beban

Sebagai ibu bekerja, Yuliani berbagi kiat mengolah konten yang efektif dan efisien. Wanita yang hobi memasak dan membuat konten ini rajin mengambil gambar, baik foto maupun video, di setiap tahapan memasak.

Dia jarang mengalokasikan waktu khusus untuk mengedit konten, melainkan memanfaatkan jeda waktu bekerja untuk mengolahnya. Contohnya, saat waktu istirahat siang di kantor, dia suka mengolah foto dan video yang diambil saat membuat sarapan di pagi hari.

Dia mengatur komposisi gambar, memasukkan musik, sampai konten siap tayang. Dengan begitu, aktivitas sehari-hari beres, konten pun sukses.

"Karena aku suka bikin konten, jadi aku melakukannya dengan senang dan tidak menganggapnya sebagai beban," ucapnya.

Awalnya, Yuliani hanya berbagi konten menu dan resep berbentuk foto. Namun karena banyak mendapat respons positif dari pengguna Hello Indonesia, dia kemudian mengelaborasi kemampuan dengan mengambil gambar bergerak atau video.

4 dari 4 halaman

5 Program

Dengan keberagaman pengguna di Helo, informasi dan interaksi seputar Ramadan di Helo juga akan hadir secara beragam. Ada informasi kuliner, komedi, religi, informasi dan berita terkini dari berbagai daerah di Indonesia, olahraga dan kesehatan, serta hiburan. Helo juga menyediakan beragam program di mana pengguna dapat ikut berpartisipasi, berinteraksi, menghibur dan berbagi inspirasi di Helo saat Ramadan ini, di antaranya:

1. #AdaApaHariIni yang memunginkan pengguna membuat topik tagarnya sendiri dan menciptakan diskusi interaktif di dalam platform dengan berbagi cerita hangat, inspiratif dan menarik yang terjadi di sekitarnya.

2. Tantangan Mingguan untuk mengajak pengguna Helo berbagi inspirasi dan informasi dengan berbagai tema khusus setiap minggunya, mulai dari tips berbagi kebaikan kecil, ucapan maaf untuk kerabat dan keluarga, sampai momen kebersamaan dan tradisi Ramadan dan Lebaran.

3. #TanyaUstadzdiHelo, program religi bersama guru religi atau ustadz terkemuka di mana pengguna dapat berinteraksi langsung untuk memberikan pertanyaan seputar Ramadhan.

.4. #PakaiFiturSeruHelo, mengajak pengguna berbagi konten dan informasi seputar kegiatan yang dilakukan saat Ramadan, membaca Alquran, inspirasi busana lebaran keluarga hingga kirim ucapan menggunakan fitur-fitur seru dari Helo.

5. Interaksi Selebriti di Helo, yang akan mengadirkan konten terkini, cerita keseharian, dan mengikuti tantangan seru bersama artis yang ada di Helo, seperti Aura Kasih, Indra Bekti, Shanty Paredes, Vicky Shu, Armada, Marcell Siahaan, Giorgino Abraham, 7ICONS, Dylan Carr, Ghea Youbi, Erie Suzan, Clarice Cutie, Vinessa Innez, dan Salshadilla Juwita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.