Sukses

5 Manfaat Kurma Ajwa, Pilihan untuk Sahur dan Buka Puasa

Kurma Ajwa bisa menjadi pilihan untuk sahur dan buka puasa.

Liputan6.com, Jakarta - Kurma tak jarang menjadi pilihan sebagai menu utama di saat sahur dan buka puasa selama Ramadhan. Ada beragam opsi kurma, seperti kurma Ajwa yang merupakan salah satu jenis kurma premium dengan harga mahal.

Kurma Ajwa pertama kali ditanam oleh Nabi Muhammad SAW. Kurma Ajwa memiliki rasa yang tidak terlalu manis dan sedikit asam seperti kismis dan sangat lembut saat dikunyah.

Lantas, apa saja manfaat kurma Ajwa? Simak rangkuman selengkapnya seperti dikutip dari mStar, Kamis, 7 April 2022, berikut ini.

1. Hindari sihir dan racun apa pun

Dalam sebuah hadis Nabi yang bersabda, "Barang siapa yang makan tujuh buah kurma Ajwa di pagi hari, maka pada hari itu tidak akan disakiti oleh racun atau sihir apapun," [HR al-Bukhari (5445) dan Muslim (20547)]. Ini karena kurma ajwa memiliki kandungan protein, asam folat, zat besi, kalsium, dan antioksidan yang tinggi.

2. Tingkatkan kesuburan dan bantu ibu hamil juga menyusui

Dengan kandungan nutrisi dan mineral, kurma Ajwa terbukti mampu meningkatkan hormon libido dan mempercepat pembuahan rahim perempuan. Kurma Ajwa dapat digunakan untuk meningkatkan kesuburan pria dan perempuan. Oksitosin dalam kurma sangat membantu selama proses persalinan dan merangsang produksi ASI.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Melancarkan proses pencernaan

Bagi mereka yang mengalami sembelit, kurma Ajwa adalah solusi ideal untuk pencernaan karena memiliki serat larut yang tinggi. Asupan kurma dapat dijadikan makanan untuk diet karena bisa mengenyangkan perut.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kurma ajwa kaya akan vitamin A, B, C, E, hingga K, baik untuk menjaga kesehatan karena mampu menjaga daya tahan tubuh. Antioksidan yang terdapat pada kurma mampu melindungi tubuh dari penyakit dan virus.

3 dari 3 halaman

5. Menstabilkan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung, dan mencegah diabetes

Manfaat kurma Ajwa adalah mampu menurunkan tekanan darah. Nutrisi itu didapat dari kandungan serat dan mineral seperti zat besi dan potasium.

Selain itu, kurma Ajwa mampu melancarkan sistem peredaran darah dengan mencegah penyakit jantung dan stroke. Untuk mencegah diabetes, kurma Ajwa mengandung gula monosakarida.

Gula tersebut termasuk dalam kelompok paling sederhana yang tidak dapat dipecah. Serat ekstra dalam kurma ini telah menunjukkan dampak positif pada penderita diabetes.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.