Sukses

Resep Tahu Tempe Oseng Praktis untuk Santap Sahur

Bagi kalian yang ingin memasak menu praktis untuk sahur, bisa mencoba resep tahu tempe orek ini.

Liputan6.com, Jakarta - Santap sahur menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan semua umat muslim yang berpuasa. Sahur perlu dilakukan agar tubuh memiliki cadangan asupan supaya dapat menjalani aktivitas selama berpuasa. 

Untuk santap sahur di bulan Ramadhan, tak sedikit individu yang lebih memilih untuk menyantap makanan simpel. Seperti yang kita tahu waktu sahur tak cukup panjang sehingga untuk menyiapkan makanannya pun harus cepat. 

Namun tak hanya sekedar mudah dibuat, menu sahur juga harus nikmat serta bergizi untuk menunjang tubuh berpuasa sepanjang hari. 

Bagi kalian yang perlu referensi menu sahur simpel namun bergizi, menu satu ini tentu bisa dicoba. Menu simpel untuk sahur kali ini adalah oseng tahu tempe. 

Bahan utama dari menu ini adalah tempe dan tahu, namun ada pula bahan tambahan lainnya seperti ati ampela, serta bumbu lainnya. Nah, bagi kalian yang ingin mencoba resep praktis satu ini, berikut bahan serta cara membuatnya: 

Bahan:

  • 1 papan tempe kecil, potong-potong
  • 5 buah tahu, potong-potong
  • 3 buah hati ampela ayam, goreng
  • 5 siung bawang merah, iris-iris
  • 4 siung bawang putih, iris-iris
  • 3 buah cabai hijau, iris-iris
  • 8 buah cabai rawit hijau, iris-iris
  • Garam, gula, dan penyedap rasa secukupnya
  • 1 sdm saus tiram
  • 3 sdm minyak goreng
  •  

Cara membuat:

  1. Goreng tempe dan tahu kemudian sisihkan. Potong-potong ati ampela, sisihkan.
  2. Tumis bawang merah, bawang putih, cabai rawit dan cabai hijau setelah wangi masukkan ati ampela, garam, gula dan penyedap rasa aduk ratakan.
  3. Masukkan tempe dan tahu beri saus tiram aduk-aduk hingga tercampur rata, cek rasa dan sajikan dengan nasi hangat. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Mudah Bangun Sahur di Bulan Ramadhan

Setiap memasuki bulan Ramadhan, tak jarang bangun pagi untuk sahur jadi satu hal yang sulit dilakukan. Meski hukumnya sunnah, namun umat Islam dianjurkan untuk sahur karena persiapan penting sebelum berpuasa.

Dikutip dari mStar, Selasa, 5 April 2022, dari segi kesehatan, tidak sahur membuat seseorang kurang energik dan lesu saat berpuasa. Selain itu, tak sahur juga meningkatkan risiko dehidrasi.

Ada beberapa tips mudah bangun pagi untuk sahur. Apa saja? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti di bawah ini.

1. Tidur lebih awal

Selama bulan Ramadhan, atur waktu tidur lebih awal agar mudah bangun di pagi hari. Biasakan untuk tidur awal jam 10 pagi setelah sholat Tarawih. Saat mendapatkan tidur yang cukup, seseorang akan lebih mudah bangun dan bahkan akan merasa lebih segar.

2. Hindari makan sebelum tidur

Makan berlebihan di malam hari bisa membuat perut terasa tidak nyaman dan Anda tidak akan nafsu makan saat sahur. Biasakan berbuka puasa dengan makanan ringan. Usai sholat Maghrib, nikmati saja makanan yang lebih berat. Kemudian, makan snack seperti buah-buahan setelah sholat Tarawih.

3. Menu Sahur sehat

Sebelum tidur, siapkan bahan-bahan untuk sahur dan pilih menu yang menggugah selera namun sehat dan bergizi agar energi tetap terjaga saat berpuasa. Tidak hanya memberi energi saat berpuasa tetapi juga dapat mengubah nafsu makan dan pola makan.

4. Tetap berolahraga

Berolahraga secara teratur bahkan saat berpuasa karena juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Dengan berolahraga, seseorang dapat tertidur lebih cepat dan lebih nyenyak. Lakukan olahraga di pagi hari atau sebelum berbuka puasa dan sebaiknya hanya melakukan gerakan-gerakan ringan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.