Sukses

Interaksi Masyarakat Tinggi Saat Ramadhan, BIN Gencarkan Vaksinasi di Bangka Belitung

Percepatan vaksinasi Covid-19 tetap diperlukan untuk menjaga tren penurunan kasus sehingga masyarakat dapat menjalankan ibadah Ramadhan dengan aman dan nyaman.

Liputan6.com, Jakarta - Peningkatan mobilitas dan interaksi sosial di masyarakat saat Ramadhan menjadi perhatian serius pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19. Terlebih, subvarian Omicron BA.2 sudah masuk ke Indonesia, sehingga dikhawarirkan akan menjadi faktor terjadinya lonjakan kasus positif.

Menindaklanjuti hal itu, Badan Intelijen Negara Daerah Bangka Belitung (Binda Babel) terus menggenjot capaian vaksinasi dosis dua dan booster untuk masyarakat. Kualitas kekebalan komunal masyarakat harus ditingkatkan agar rasio kasus positif atau positivity rate Covid-19 yang sudah berhasil diturunkan secara signifikan bisa terus ditahan di bawah lima persen, sebagaimana standar aman WHO.

“Akselerasi vaksinasi Covid-19 ini sebagai upaya mitigasi penyebaran Covid-19 di tengah peningkatan mobilitas dan interaksi sosial masyarakat selama bulan puasa,” ujar Kabinda Babel, Imam Santoso di Pangkalpinang, Senin 4 April 2022.

Dia menerangkan, peningkatan mobilitas dan interaksi masyarakat ini logis karena seiring dengan pelonggaran yang diberikan oleh pemerintah serta karena kebutuhan pemenuhan kebutuhan masyarakat selama bulan puasa dan menyambut Lebaran.

Fenomena itu, menurut Kabinda Babel, wajar tapi harus dikawal agar tidak menyebabkan terjadinya lonjakan kasus lagi. Positivity rate harus dijaga selalu di bawah lima persen agar pandemi bisa bertransisi menjadi endemi. Saat endemi, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) bisa ditiadakan.

“Percepatan vaksinasi Covid-19 tetap diperlukan untuk menjaga tren penurunan kasus sehingga masyarakat dapat beribadah puasa dengan aman dan nyaman, dan Lebaran bisa berlangsung dengan meriah meski tentu, tetap dengan menjaga protokol kesehatan,” paparnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terapkan Prokes Ketat

Meskipun pemerintah mengeluarkan kebijakan pelonggaran aktivitas berkerumun, Imam mengimbau masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan dan proaktif dalam mendukung program percepatan vaksinasi Covid-19.

“Peningkatan mobilitas dan interaksi sosial juga akan memperbesar resiko penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan dan mengikuti program vaksinasi,” imbuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.