Sukses

Pemprov DKI Ungkap Alasan JIS Jadi Tempat Takbiran dan Sholat Idul Fitri 1443 H

Kendati Riza menegaskan pelaksanaan sholat Idul Fitri dan takbiran harus di JIS, warga Jakarta tetap diberi kebebasan menentukan lokasi untuk merayakan hari raya lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - Pemprov DKI Jakarta mengungkapkan alasan terkait dengan rencana menggelar takbiran dan sholat Idul Fitri 1443 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS). Lokasi yang luas, menjadi pertimbangan Pemprov DKI berencana menggelar hari raya lebaran di JIS.

"Ya kami gunakan untuk sholat Idul Fitri, karena tempatnya di situ luas, strategis sambil kita bersyukur bahwa sudah jadi stadion yang kita buat kita banggakan ini," kata Riza di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (5/4/2022).

Kendati Riza menegaskan pelaksanaan sholat Idul Fitri dan takbiran harus di JIS, warga Jakarta tetap diberi kebebasan menentukan lokasi untuk merayakan hari raya lebaran.

"Silakan rakyat Jakarta yang ingin sholat Idul Fitri nanti bisa salah satu tempatnya di antaranya di JIS," kata dia.

"Mohon dukungan masyarakat untuk membantu mensosisialiskan bahwa sekarang Jakarta dan juga Indonesia tentunya memiliki stadium internasional yang menjadi kebanggaan kita dan mari kita jaga dan rawat dan kita gunakan sebaik baiknya untuk kepentingan masyarakat umum," imbau Riza.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gelar Sholat Id

Sebelumnya, Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual (Dikmental) DKI Jakarta, Gunas Mahdianto mengatakan beragam kegiatan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi.

"Ada beragam kegiatan dengan tema Ramadan di Jakarta #RayakanKebersamaan. Kami berharap kegiatan ini mampu memantik semangat masyarakat untuk tetap lebih khusuk ibadah, meningkatkan ukhuwah, dan menyemarakkan bulan Ramadan. Selain itu ada juga kegiatan amal yang bertujuan untuk menumbuhkan semangat berbagi antarsesama,” terang Gunas Mahdianto salam keterangannya, Senin (4/4/2022).

Ragam kegiatan salah satunya adalah malam takbiran dan sholat id di Jakarta Internasional Stadium (JIS).

“Festival Malam Takbiran di Jakarta International Stadium pada malam lebaran dan sholat Idulfitri 1443 H di Jakarta International Stadium,” jelas Gunas.

Selain itu akan ada Ramadan Market dan Jazz Festival dalam bentuk bazar untuk menggairahkan aktivitas ekonomi UMKM, serta penampilan musik dan dakwah di Lapangan Banteng pada tanggal 11-24 April 2022.

“Juga ada Ramadan Market Festival di setiap Kelurahan dengan menyajikan makanan buka puasa dan produksi usaha mikro kecil,” kata Gunas

Gubernur DKI Anies Baswedan juga akan melakukan kunjungan ke masjid atau pondok selama Ramadan.

“Rangkaian kunjungan Gubernur ke masjid/pondok pesantren, dan sebagainya. Juga ada 30 hari khatam Alquran,” pungkasnya.

Reporter: Yunita Amalia/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini