Sukses

Deretan Manfaat Jika Mengonsumsi Kurma Saat Sahur dan Buka Puasa Ramadhan

Berikut adalah beberapa manfaat makan kurma selama bulan Ramadhan khususnya saat berbuka dan sahur.

Liputan6.com, Jakarta - Di bulan suci Ramadhan, banyak muslim mempraktikkan sunnah dengan makan makanan manis terlebih dahulu saat berbuka puasa. Dan secara khusus, makanan manis yang dimakan itu biasanya adalah kurma.

Namun tak hanya saat berbuka, makan kurma saat sahur juga sangat baik bagi tubuh. Terutama selama bulan Ramadhan, kurma membantu Anda merasa kenyang dan memberikan sumber energi yang cepat.

Berikut beberapa manfaat makan kurma selama bulan Ramadhan khususnya saat berbuka dan sahur.

1. Memperpanjang Rasa Kenyang 

 

Kurma membantu Anda merasa kenyang dengan memperpanjang waktu yang dihabiskan di perut, menurut spesialis nutrisi dan diet asal Turki, Demet Cerit. Hal ini pada akhirnya akan membantu Anda menghindari makan berlebihan.

Menjadi buah yang kaya serat makanan larut (terutama pektin), kurma menarik air yang pada gilirannya meningkatkan fluiditas isi perut kita dan karena itu memberikan perasaan kenyang dengan memperpanjang waktu yang dihabiskan di perut.

Dengan mengonsumsi makanan berserat tinggi seperti kurma saat berbuka puasa dan sahur serta diet secara keseluruhan, serta minum banyak air untuk membantu asupan serat, Anda akan memiliki kendali yang lebih besar terhadap nafsu makan dan menjadi lebih lama kenyang. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Kendalikan Diri untuk Tidak Mengonsumsi Makanan Manis

Setelah lama lapar atau puasa, tubuh kita akan ingin melahap makanan berkarbohidrat tinggi, terutama makanan manis untuk mengembalikan kadar gula darah kita menjadi normal dan untuk menggantikan simpanan makanan yang kosong itu, kata Cerit.

Namun, ketika kita akhirnya makan makanan berkarbohidrat tinggi seperti mi atau roti tawar, kita dengan mudah merasa sangat lapar setelahnya. Karbohidrat seperti roti putih, mi dan minuman manis adalah gula yang mudah dicerna sehingga gula darah Anda melonjak dan turun dengan sangat cepat dan itu dapat menyebabkan tubuh terus lapar. 

Jadi apa yang dapat dilakukan kurma untuk membantu keinginan gula itu adalah dengan mengganti makanan manis dengan kandungan gula alami dan lebih sehat. Oleh karena itu, kurma bisa menjadi pilihan yang baik dan sehat untuk menggantikan kebutuhan pencuci mulut Anda dengan rasa manisnya yang kaya. 

3 dari 4 halaman

3. Penambah Energi yang Cepat

Setelah lapar untuk waktu yang lama, kita membutuhkan dorongan energi yang cepat untuk membuat malam kita seproduktif siang hari, daripada hanya berbaring dengan perut kenyang tanpa melakukan apa-apa. Seperti yang dinyatakan sebelumnya, kurma mengandung gula alami yang tinggi seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa.

Karena kecil, mereka juga mudah dicerna yang menjadikannya ledakan energi yang cepat dan efektif. Jadi, setelah seharian lapar yang melelahkan, Anda bisa mendapatkan energi itu kembali dengan makan kurma.

4 dari 4 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.