Bawa Bekal Makanan dan 5M, Upaya Cegah Paparan COVID-19 Saat Berwisata

Oleh Liputan6.com pada 19 Mei 2021, 18:10 WIB
Diperbarui 19 Mei 2021, 18:10 WIB
FOTO: Libur Lebaran, TMII Dipadati Pengunjung
Perbesar
Pengunjung berwisata di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Sabtu (15/5/2021). Banyak warga memilih berwisata ke TMII untuk menghabiskan waktu libur Lebaran. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian masyarakat masih dalam suasana libur Lebaran. Tak sedikit yang memanfaatkan momen rehat ini untuk berwisata bersama keluarga. Meski demikian, masyarakat diminta agar tidak lengah dalam menerapkan protokol kesehatan saat berwisata.

Salah satu caranya yakni dengan membawa bekal makanan sendiri. Seperti disampaikan Kepala Unit Gawat Darurat RSUD Matraman dr Tiur Situmorang, membawa bekal sendiri ketika berwisata bisa jadi alternatif menghindari risiko penularan virus Corona ketika makan di restoran.

"Kita bisa bawa makan dan minuman. Jadi kalau di ruang terbuka kita bisa makan di sana, kalau bisa kita menjauh dari kerumunan," kata Tiur pada Antara.

Pilihan lainnya bila tak mendapat tempat yang betul-betul sepi adalah menyantap bekal makan di dalam kendaraan pribadi, bila memungkinkan.

"Makan kan pasti lepas masker tuh. Ya sudah, makan saja di dalam mobil, dan tetap makan makanan yang bergizi, minum vitamin dan jaga kesehatan," lanjutnya, dilansir Antara.

 

Terapkan 5M

Menurut Tiur, belum ada tempat yang 100 persen aman di tengah pandemi. Apalagi saat libur yang umumnya terjadi lonjakan jumlah wisatawan.

Namun, jika tetap ingin berwisata, Tiur mengingatkan agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan 5M: Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menghindari Kerumunan, dan Membatasi Mobilitas.

 

Infografis

Infografis Daripada Jemput Virus Corona, Mendingan Liburan di Rumah Saja. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Daripada Jemput Virus Corona, Mendingan Liburan di Rumah Saja. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓