Sosok Nora Al-Matrooshi, Wanita Pertama di Arab yang Lolos Seleksi Jadi Astronot

Oleh Liputan6.com pada 17 Mei 2021, 17:05 WIB
Diperbarui 17 Mei 2021, 17:05 WIB
Nora Al Matrooshi menjadi astronot Uni Emirat Arab wanita pertama.
Perbesar
Nora Al Matrooshi menjadi astronot Uni Emirat Arab wanita pertama.

Liputan6.com, Jakarta Sosok Nora Al-Matrooshi belum lama ini tengah ramai menjadi sorotan karena ditunjuk pemerintah Uni Emirat Arab sebagai astronot wanita pertama dari Arab.

Ia berhasil lolos setelah melewati berbagai seleksi bersama 4.300 pelamar lainnya. Nora akan dilatih sebagai bagian dari rencana ekspansi sektor luar angkasa UEA.

Lantas, seperti apakah sosok astronot wanita pertama dari Arab ini? Berikut informasi selengkapnya:

Nora merupakan wanita berusia 27 tahun asli Arab. Ia merupakan lulusan teknik mesin dan saat ini diketahui bekerja di perusahaan konstruksi perminyakan Nasional Abu Dhabi. Ia bekerja sebagai seorang insinyur di National Petroleum Construction Company.

Mengutip dari New York Post, Nora disebut berhasil melampaui nilai mengenai kemampuan ilmiah, pendidikan, dan pengalaman praktis. Ia juga berhasil lolos dalam penilaian fisik, psikologis, dan medis.

Memiliki keunggulan dalam bidang teknik dan matematika, Nora rupanya pernah dikirim untuk mewakiliki UEA dalam Olimpiade Matematika Internasional 2011. Ia juga terpilih untuk Program Duta Pemuda UEA 2013 di Korea Selatan.

Selain itu, ia juga terlibat dalam beberapa proyek kegiatan yang diadakan di Abu Dhabi dan bertujuan untuk memberdayakan kaum muda. Nora juga telah mewakili UEA di Konferensi Pemuda Internasional PBB pada edisi musim panas 2018 dan musim dingin 2019.

 

2 dari 4 halaman

Bergabung dengan Astronout Lain dari UEA

Tidak sendirian, Nora bergabung bersama Mohammed al-Mulla serta Hazza al-Mansouri yang sudah lebih dulu menjadi orang pertama dari UEA yang terbang ke Stasiun Luar Angkasa Internasional pada tahun 2019 lalu.

Kecintaannya pada luar angkasa rupanya dimulai sejak ia masih muda. Dulunya, disebutkan jika Nora kerap pergi ke acara pengamatan bintang dan pelajaran tentang luar angkasa merupakan favoritnya di sekolah.

Secara pribadi, Nora mengatakan memiliki cita-cita untuk mengembangkan sektor luar angkasa di UEA lebih jauh dan juga ingin mendarat di Bulan dengan pesawat ruang angkasa milik Emirat.

 

 

 

(Khulafa Pinta Winastya/Merdeka.com)

3 dari 4 halaman

Infografis Awas Lonjakan Covid-19 Libur Lebaran

Infografis Awas Lonjakan Covid-19 Libur Lebaran
Perbesar
Infografis Awas Lonjakan Covid-19 Libur Lebaran (Liputan6.com/Triyasni)
4 dari 4 halaman

Simak Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓