Sukses

Warga di Pekanbaru Serbu Pusat Perbelanjaan Usai Ramadan

Sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Pekanbaru, diserbu warga saat libur Lebaran selama tiga hari.

Liputan6.com, Pekanbaru - Sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Pekanbaru, Sabtu, diserbu warga usai libur Lebaran selama tiga hari, sejak 12 hingga 14 Mei 2021, seperti di Mal SKA dan Transmart.

Kepadatan pengunjung semakin terlihat menjelang malam hari, di mana kalangan keluarga dan anak-anak ikut wisata belanja, usai bersilaturahim ke rumah keluarga.

Mal tampak menjadi alternatif wisata keluarga sehabis berlebaran. Mereka, selain menikmati diskon belanja tampak juga ada keluarga meminati gerai yang menjajakan makanan. Sarana permainan anak juga diserbu pengunjung.

"Mau bawa anak-anak bermain, karena gak bisa ke mana-mana selama Lebaran ini," kata Wita (35), warga Panam di Pekanbaru.

Selain keluarga, para kawula muda juga tidak ketinggalan memanfaatkan mal sebagai tempat nongkrong. Mereka terlihat berkelompok menelusuri setiap lantai mal dan membeli minuman sambil bercengkerama.

Pantauan ANTARA, semua gerai sudah dibuka, bahkan parkir kendaraan roda dua maupun empat penuh hingga pinggir jalan sekitar mal.

Gerai restoran dan kafe yang terdapat di dalam pusat perbelanjaan terlihat dipadati oleh pengunjung.

Untuk mencegah penyebaran COVID-19 di Kota Pekanbaru, Mal SKA ketat dalam melaksanakan protokol kesehatan (prokes) 5M, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas, serta interaksi.

Di semua pintu masuk terlihat beberapa petugas kepolisian berjaga untuk memastikan pengunjung mencuci tangan, menggunakan masker, dan mengecek suhu tubuh.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Pekanbaru mengumumkan akan menutup aktivitas pusat perbelanjaan, seperti mal serta pusat wisata selama tiga hari perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah. Penutupan pusat keramaian tersebut berdasarkan Surat Edaran (SE) Wali Kota Pekanbaru Nomor 10/SE/2021 tentang Aktivitas Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442H/2021M dalam pencegahan dan pengendalian Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) di Kota Pekanbaru.

"Untuk kegiatan ekonomi, pusat perbelanjaan umum, tempat wisata juga tutup selama tiga hari. Sehari sebelum atau H-1 hingga H+1 Idul Fitri 1442 H," kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus.

Dia mengatakan keputusan menutup pusat perbelanjaan dan tempat wisata ini diambil, lantaran Pekanbaru masuk zona merah serta menduduki posisi nomor dua penularan COVID-19 di Indonesia.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.