Pulang Mudik Pakai Motor, Segera Lakukan Ini

Oleh Liputan6.com pada 16 Mei 2021, 16:30 WIB
Diperbarui 16 Mei 2021, 16:30 WIB
FOTO: Tolak Diputarbalikkan, Pemudik Motor Matikan Kendaraan di Posko Penyekatan Kedungwaringin
Perbesar
Sejumlah pemudik motor mematikan kendaraannya di kawasan posko penyekatan mudik di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (10/5/2021). Sejumlah pemudik motor mematikan kendaraannya untuk menolak diputarbalikkan oleh petugas di posko penyekatan mudik. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah kembali mengeluarkan larangan mudik untuk Lebaran 2021. Namun tetap saja banyak masyarakat yang tetap melakukan mudik, terutama yang menggunakan sepeda motor.

Mudik menggunakan sepeda motor masih menjadi pilihan banyak orang. Motor dianggap lebih praktis dan nyaman, meskipun pada dasarnya mudik menggunakan kendaraan roda dua ini memiliki resiko yang cukup besar.

Jalanan yang ramai, kelelahan selama perjalanan, atau bahkan kerusakan motor bisa saja menjadi kendala selama mudik. Meski begitu, angka pemudik yang menggunakan motor setiap tahunnya masih saja terbilang tinggi.

Lalu, apakah Anda juga akan mudik menggunakan motor tahun ini? Jika ya, memeriksa kondisi motor sebelum mudik tentu menjadi hal wajib yang tidak bisa diabaikan, mengingat kondisi motor yang prima sangat dibutuhkan untuk lancarnya perjalanan mudik.

Tapi, bukan hanya saat akan mudik, setelah mudik Lebaran pun juga perlu dilakukan perawatan agar performa motor kembali prima.

Sebab, selama perjalanan mudik, motor Anda akan bekerja keras dan menempuh perjalanan yang panjang, bahkan hingga Anda kembali lagi ke rumah.

Kondisi seperti ini tentu saja bisa membuat motor menjadi tidak prima dan bertenaga, sehingga Anda perlu melakukan perawatan yang tepat untuk mengembalikan kondisinya seperti semula.

Agar kondisi motor Anda tetap prima, berikut cara merawat motor setelah digunakan untuk mudik Lebaran, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Cek dan Bersihkan Karburator

Bagian yang bertugas untuk menyemburkan BBM ini akan bekerja dengan keras sepanjang perjalanan mudik Anda yang panjang. Karburator harus bekerja dengan baik, sehingga mesin bisa bekerja dengan maksimal.

Hal ini bisa saja mengubah setelan komponen. Jika hal ini terjadi, maka kondisi motor akan tidak bertenaga dan bahan bakar menjadi lebih boros. Pastikan Anda melakukan pegecekan bagian ini dan membersihkannya setelah mudik nanti.

2. Periksa Bagian Katup Perbesar

Berbarengan dengan pengecekan karburator motor Anda, jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan bagian katup sekaligus. Cek tingkat kerenggangan dan kondisi katup dengan baik, untuk memastikan bahwa komponen ini bisa bekerja dengan normal sebagaimana biasanya.

 

3. Lakukan Penggantian Oli

Oli memiliki peranan yang sangat penting selama motor dikendarai, sebab cairan pelumas ini akan bertugas untuk melumasi bagian mesin agar bisa bekerja dengan baik. Selain itu, oli juga akan berperan menjaga kondisi suhu mesin tetap dalam kondisi stabil.

Suhu yang stabil seperti ini sangat dibutuhkan, terutama untuk perjalanan yang panjang ketika mudik. Selama perjalanan mudik tersebut, mesin akan bekerja dengan keras dengan bantuan oli, sehingga bisa dipastikan kondisi oli sudah tidak lagi seperti semula.

Setelah perjalanan panjang seperti ini, pastikan Anda segera mengganti oli motor Anda dengan yang baru. Sehingga performa mesin tetap bagus.

4. Cek Bagian Rem

Rem menjadi salah satu komponen yang begitu penting dan perlu Anda perhatikan secara khusus, terutama setelah perjalanan mudik yang panjang. Anda tentu sering menggunakan komponen yang satu ini selama dalam perjalanan, terutama jika Anda mudik melalui jalur rawan macet.

Pastikan Anda juga melakukan pengecekan bagian rem motor Anda dan membersihkan bagian-bagian koponen yang terkait, seperti: kanvas rem dan piston rem. Jika perlu, lakukan juga penggantian pada bagian yang sudah tidak layak pakai.

5. Periksa Bagian Kaki-Kaki

Komponen ini akan menjaga kenyamanan Anda selama berkendara, sehingga penting untuk memastikan semua bagian ini dalam kondisi baik. Cek secara menyeluruh bagian laker, pelek, shockbreaker, dan juga jari-jari pelek motor Anda setelah mudik.

Lakukan hal ini dengan bantuan ahlinya, sehingga Anda bisa mengerti bagian mana saja yang harus disetel kembali atau bahkan diganti. Jika semua komponen ini sudah dalam kondisi baik, aktivitas berkendara Anda tentu akan berjalan dengan nyaman.

 

6. Periksa Bagian Pengapian dan Kabel Kelistrikan Perbesar

Bagian pengapian juga menjadi salah satu yang terpenting untuk diperiksa, terutama busi. Bersihkan dan ganti bagian ini jika dibutuhkan, agar tetap bisa bekerja dengan maksimal.

Hal yang sama juga perlu Anda lakukan pada bagian kelistrikan, mengingat komponen ini akan mempengaruhi beberapa bagian lainnya di dalam motor Anda.

7. Cek Bagian Kopling

Jika motor Anda menggunakan kopling, maka Anda juga perlu mencermati bagian yang satu ini. Selama perjalanan mudik, bagian kopling tentu banyak digunakan.

Bagian ini bahkan akan bekerja dengan lebih keras, jika selama perjalanan mudik Anda melintasi daerah macet dan harus sering mengganti posisi gigi. Bagian kopling bisa saja menjadi mengalami masalah atau bahkan tidak lagi terasa nyaman ketika digunakan.

8. Continously Variable Transmission (CVT)

Jika Anda pengguna motor matic, jangan lupa untuk segera melakukan pengecekan pada bagian CVT motor Anda setelah mudik. Bagian ini adalah komponen penggerak utama di dalam motor matic, sehingga Anda harus memastikan bahwa bagian ini bekerja dengan baik.

Kondisi jalanan yang macet dan panjang, bisa saja membuat CVT bekerja keras dan mengalami masalah. Daripada mengalami masalah dalam perjalanan bermotor, segera lakukan pengecekan komponen ini setelah Anda pulang mudik nanti.

 

Infografis Awas Lonjakan Covid-19 Libur Lebaran

Infografis Awas Lonjakan Covid-19 Libur Lebaran
Perbesar
Infografis Awas Lonjakan Covid-19 Libur Lebaran (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓