Sukses

Ini Kategori Produk Terlaris di Toko Online Sepanjang Ramadhan dan Idul Fitri

Karena pandemi, masyarakat didorong untuk memaksimalkan platform e-commerce untuk membeli berbagai kebutuhan selama Ramadhan dan Idul Fitri.

Liputan6.com, Jakarta - Sehubungan dengan angka kasus pandemi Covid-19 yang masih belum mereda di sejumlah daerah di Indonesia, masyarakat pun mulai mengadopsi kebiasan baru dalam hal berbelanja.

Saat ini, platform digital seperti Blibli pun sudah menjadi pendukung kehidupan sehari-hari masyarakat di Tanah Air selama Ramadhan. Karena pandemi, masyarakat didorong untuk memaksimalkan platform e-commerce untuk membeli berbagai kebutuhan.

Hal ini juga terjadi di Blibli selama festival Hikmah Ramadan. Tercatat, ada peningkatan pemesan untuk sejumlah kategori seperti produk groceries, teknologi, kesehatan dan kecantikan, fashion muslim, hingga investasi emas dan logam mulia.

Berdasarkan data Blibli, ada beberapa wilayah dengan pertumbuhan order paling tinggi. Wilayah tersebut antara lain Simeulue di Aceh, Sidenreng Rappang di Sulawesi Selatan, Yahukimo di Papua, Katingan di Kalimantan Tengah, hingga Kerinci di Jambi.

VP Business Development Blibli, Cindy Kalensang mengungkap, Ramadhan selalu menjadi momen yang tepat untuk mendorong performa penjualan bagi pemain retail seperti Blibli, terutama di saat digitalisasi secara menyeluruh hingga daerah di Ibu Kota.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Transaksi Fashion Muslim Naik 5 Kali Lipat di Blibli

"Blibli sebagai platform digital melihat, e-commerce telah menjadi partner bagi pelanggan untuk menjalani momen-momen penting seperti puasa dan Lebaran," kata Cindy, dalam keterangan yang diterima Liputan6.com.

"Oleh karena itu, produk yang dibeli di momen Ramadhan kali ini lebih luas, dari kebutuhan sehari-hari ini produk yang bisa meningkatkan kualitas hidup."

Blibli melihat, larangan mudik membuat pelanggan tetap merayakan Idul Fitri secara virtual dan mempersiapkan penampilan terbaiknya. Hal ini terbukti dengan Blibli mencatat order produk kategori Fashion Muslim meningkat hingga 5 kali lipat dibanding hari biasa.

Baju koko menjadi salah satu produk yang paling digemari, karena mudah dipadukan dengan outfit lainnya secara kreatif di momen Hari Raya.

Blibli juga mengungkap, kesadaran keuangan masyarakat makin terlihat selama program Hikmah Ramadan berlangsung. Blibli mencatat terjadi permintaan produk investasi di kategori Logam Mulia dan Perhiasan Emas meningkat hingga 2 kali lipat dibanding hari biasa.

Emas sendiri merupakan salah satu investasi perhiasan yang dianjurkan bagi umat Muslim menjadi barang favorit selama bulan Ramadhan.

 

3 dari 3 halaman

Kategori Kesehatan Tumbuh 2 Kali Lipat

Kategori Kesehatan dan Kecantikan serta kategori BlibliMart yang berisi kebutuhan groceries ikut tumbuh 2 kali lipat dibanding harian. Produk berupa sirup, madu, minuman bersoda, serta biskuit dan snack mengalami permintaan yang tinggi.

Selain kebutuhan keseharian, banyak pelanggan yang memanfaatkan momentum Ramadhan ini untuk membeli barang penunjang olahraga dari kategori Handphone, Tablet & Wearable Gadget. Kategori ini mengalami peningkatan hingga 2 kali lipat dibanding hari biasanya.

Produk seperti smartwatch dan aksesoris wearable banyak dipesan oleh pelanggan untuk menemani mereka bersepeda ringan atau jogging saat ngabuburit.

Produk-produk smart home seperti robot vacuum dan air purifier cukup populer.

“Performa produk dari berbagai kategori di Blibli ini menunjukkan bahwa pemanfaatan platform digital semakin menjadi hal yang inklusif bagi masyarakat," kata Cindy.

Lebih lanjut dia mengatakan, Blibli akan memperkuat layanan bagi pelanggan dengan fitur pengiriman cepat. Misalnya 2 Hours Delivery, Instant, dan Sameday sebagai layanan fast delivery Blibli yang didukung oleh warehouse yang tersebar di 15 kota-kota besar di Indonesia dan kemitraan logistik yang lengkap.

(Tin/Ysl)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini