Sukses

Jalanan Kosong Selama Libur Lebaran 2021, Tetap Utamakan Keselamatan

Jalanan di DKI Jakarta relatif sepi saat libuar Lebaran 2021. Namun, Anda tetap harus waspada saat kondisi lalu lintas kosong atau lengang.

Liputan6.com, Jakarta - Jalanan di DKI Jakarta relatif sepi saat libuar Lebaran 2021. Namun, Anda tetap harus waspada saat kondisi lalu lintas kosong atau lengang.

Umumnya, pengendara sepeda motor terlena dan memacu kendaraan lebih kencang karena jalanan kosong. Ketika itu terjadi, biasanya tingkat fokus pengendara berkurang sehingga cenderung menyebabkan kecelakaan semakin tinggi.

Memacu kendaraan lebih cepat hingga melebihi batas kecepatan maksimal bisa sangat berisiko. Saat pengendara memacu kendaraan dengan cepat, bisa meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Hal ini disebabkan karena saat kecepatan tinggi maka pandangan akan menjadi tunnel vision. Yang dimaksud adalah fokus pandangan pengendara akan hanya pada satu titik di depan saja, sedangkan pandangan kanan kiri menjadi tidak jelas (buram)

Pada kondisi tersebut, bisa jadi ada pengendara lain masuk di jalur yang sama dan bisa saja pengendara akan kaget, sehingga bisa melakukan tindakan yang membahayakan. Seperti banting stir atau melakukan pengereman mendadak.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kontrol Penuh Kendaraan Meski Jalanan Kosong

Saat seperti itulah pengendara bisa kehilangan kontrol dalam mengendalikan kendaraannya. Akhirnya terjadilah kecelakaan yang tidak bisa diduga.

Diluar dari adanya resiko dari pengendara lain di jalan. Kecelakaan tunggal pun bisa saja terjadi.

Ketika memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi bisa saja terjadi roda kendaraan kehilangan traksinya pada aspal jalanan. Tentu ini sangat berbahaya, pengendara bisa kehilangan kontrol terhadap kemudi kendaraannya.

Langkah yang harus dilakukan adalah, sebaiknya pengendara tetap menjaga batas kecepatan maksimum yang diperbolehkan.

Tetap fokus saat mengemudi jangan tergoda dan juga terlena untuk memacu kendaraan lebih kencang ketika kondisi jalan kosong.

3 dari 3 halaman

Infografis Kiat Makan Sehat Kala Lebaran

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.