Sukses

Sambut Lebaran, Simak Cara Melaksanakan Salat Idul Fitri

Salat Id atau Idul Fitri dimulai dari terbit matahari hingga tergelincirnya.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tahun, perayaan Idul Fitri atau Lebaran merupakan momen yang selalu ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia, tepatnya pada tanggal 1 Syawal. Salah satu ibadah yang selalu kita lakukan adalah salat Idul Fitri atau salat Id.

Ibadah ini biasanya dilakukan berjamaah di masjid atau tempat-tempat terbuka lainnya yang mampu menampung banyak jamaah. Tiba di masjid, kita sebaiknya melaksanakan salat tahiyatul masjid sebanyak dua rakaat. Kalau di tanah lapang tidak ada tahiyatul masjid, hanya duduk dengan ikut mengulang-ulang bacaan takbir sampai dimulainya salat Id.

Dalam buku Risalah Tuntunan Shalat Lengkap karya Drs. Moh. Rifa'i dijelaskan bahwa salat Id dimulai dari terbit matahari hingga tergelincirnya. Lalu, bagaimana cara melaksanakan salat Id?

1. Niat

Berikut niat salat Idul Fitri, "Ushalli sunnatan li'iddil fitri rak'ataini ma'muman lillahi ta'ala. Allahu Akbar (Aku niat salat Idul Fitri dua rakaat makmun karena Allah Ta'la)."

2. Rakaat Pertama

Sesudah niat salat Id, kita membaca takbiratul ihram, lalu membaca doa iftitah, selanjutnya membaca takbir tujuh kali, dan di antara takbir, disunahkan membaca tasbih. "Subhanallahi walhamdu lillahi wa laa ilaaha illallahu wallahu akbar (Maha suci Allah dan segala puji bagi Allah, tiada Tuhan melainkan Allah dan Allah Maha Besar)".

Setelah itu, membaca surat al-Fatihah dan disambung dengan surat pilihan, tapi lebih diutamakan surat Qaf atau surat Al-A'la.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Rakaat Kedua

Usai berdiri untuk rakaat kedua, baca takbir sebanyak lima kali. Di antara setiap takbir disunahkan membaca tasbih sebagaimana pada rakaat pertama. Kemudian membaca surat al-Fatihah dan diteruskan bacaan surat yang dikehendaki, tapi lebih utama membaca surat al-Ghasiyah.

4. Salat Idul Fitri dilaksanakan sebanyak dua rakaat.

5. Khotbah

Khotbah atau ceramah dilaksanakan usai salat Idulfitri. Pada khotbah pertama membaca takbir sebanyak sembilan kali dan pada khotbah kedua membaca takbir tujuh kali.

3 dari 3 halaman

Kegiatan Dilarang dan Dibolehkan Saat Perayaan Idul Fitri 1442 H

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.