Sukses

Siap-Siap Lebaran, Ini 5 Aplikasi Buat Kirim THR Online ke Sanak Saudara

Lebaran makin dekat, meski harus dirayakan jauh dari keluarga kamu tetap bisa berbagi kebahagiaan dengan sanak saudara dengan mengirim THR online. Yuk simak di sini berbagai aplikasi yang bisa kamu pilih untuk mengirim THR online.

Liputan6.com, Jakarta - Umat muslim bakal merayakan hari kemenangan Idulfitri setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Sayangnya di hari kemenangan tahun 2021 ini, masyarakat masih harus merayakan Lebaran jarak jauh alias Lebaran virtual.

Kondisi pandemi membuat pemerintah memberlakukan larangan mudik, Idulfitri pun harus dilalui banyak orang dengan jauh dari keluarga. Namun kamu tetap bisa berlebaran dengan berbagai platform digital.

Tidak hanya itu, Lebaran virtual kamu juga bisa lebih semarak dengan berbagi uang THR online melalui berbagai aplikasi digital yang ada. 

Bagi yang masih bisa merayakan Idulfitri dengan sanak keluarga, berbagi uang THR lewat aplikasi digital juga lebih aman karena bisa meminimalisasi kamu bersentuhan dengan uang kertas yang mungkin saja kotor. Kira-kira aplikasi apa yang bisa dipakai untuk berbagi uang THR online?

DANA

Aplikasi dompet digital DANA bisa menjadi pilihan yang pas kalau kamu mau membagikan THR secara online.

Untuk mengirim uang melalui DANA, buka aplikasi DANA. Lalu pilih opsi Send, di sini kamu bisa memilih untuk mengirimnya ke nomor telepon pengguna DANA lainnya atau kirim ke nomor rekening.

Misalnya kamu mau mengirim uang ke akun DANA, kamu hanya perlu memilih akun yang ingin dikirimi THR. Lalu, masukkan nominal uang yang akan dikirimkan.

Untuk sumber uang yang ingin ditransfer bisa dipilih dari saldo DANA atau menggunakan rekening yang sudah disimpan di akun DANA. Tekan konfirmasi, masukkan PIN DANA, dan uang pun akan langsung terkirim.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Gopay

Gopay ada di aplikasi Gojek. Bagi para pengguna Gojek tentu sudah akrab dengan fitur kirim uang.

Cara pun mudah, kamu hanya perlu membuka aplikasi Gojek, lalu di samping saldo Gopay kamu bisa memilih menu Pay.

Di sini kamu bisa memilih untuk mengirimkan saldo Gopay ke akun Gopay lain atau ke akun perbankan tertentu. Misalnya, kamu bisa mengirimkan saldo ke akun Gopay salah satu saudara, kemudian masukkan nominal yang hendak dikirim.

Kamu juga bisa memberikan keterangan bahwa saldo tersebut adalah sebagai THR. Lalu pilih Confirm and Pay untuk melanjutkan pengiriman.

Selanjutnya kamu akan diminta memasukkan PIN Gojek dan selesai memasukkan PIN, saldo pun berpindah ke akun saudara kamu.

 

3 dari 5 halaman

OVO

Kamu juga bisa mengirimkan uang THR ke sanak saudara menggunakan OVO. Caranya buka aplikasi OVO, lalu pilih menu Transfer.

Kamu bisa mentransfer ke sesama OVO atau ke rekening bank. Misalnya mau transfer ke sesama OVO, kamu hanya perlu memasukkan nama atau nomor ponsel yang terdaftar.

Selanjutnya, masukkan nominal yang mau ditransfer dan masukkan pesan yang ingin disampaikan. Pilih Lanjutkan, masukkan PIN OVO, dan setelah PIN dimasukkan, uang pun akan langsung berpindah ke akun saudara kamu.

 

4 dari 5 halaman

LinkAja

LinkAja juga bisa jadi salah satu opsi kalau kamu mau mengirimkan THR ke saudara saat Idulfitri.

Caranya, buka LinkAja, lalu pilih opsi Kirim Uang. Kamu akan diminta memilih metode transfer, mulai dari scan kode QR, memasukkan nomor telepon (akun LinkAja), atau mengirimkannya ke rekening bank.

Misalnya kamu mau kirim ke nomor telepon yang memiliki akun LinkAja, kamu tinggal cari di kontak dan memilih siapa yang akan dikirimi uang.

Lalu kamu bisa masukkan nominal uang yang hendak dikirim, menambahkan catatan, dan menyelesaikan pengiriman uang dengan memasukkan nomor PIN LinkAja kamu.

5 dari 5 halaman

ShopeePay

Belakangan ShopeePay jadi metode pembayaran yang digandrungi pengguna internet karena banyaknya diskon dan cashback yang ditawarkan.

Namun, ShopeePay juga bisa dipakai untuk mengirim saldo THR. Caranya, masuk ke aplikasi Shopee, pilih ShopeePay, kemudian akses menu Transfer.

Lalu di halaman Transfer, pilih Transfer yang bisa dilakukan ke nomor telepon, ke pengguna ShopeePay, atau penarikan tunai ke rekening bank.

Kemudian, masukkan nominal yang ingin ditransfer. Lakukan konfirmasi dan masukkan PIN ShopeePay.

Terakhir, pastikan mendapat notifikasi bahwa transaksi pengiriman uang telah berhasil.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini