Eks Striker Sevilla Rela Rogoh Kocek Demi Selamatkan Masjid dari Penggusuran

Oleh Defri Saefullah pada 11 Mei 2021, 13:40 WIB
Diperbarui 11 Mei 2021, 13:40 WIB
9 Pesepak Bola yang Memiliki Yayasan Amal Dunia
Perbesar
Frederic Kanoute (AFP/Cristina Quicler)

Liputan6.com, Jakarta Mantan striker Sevilla, Frederic Kanoute tak pernah lelah untuk berbagi. Kelebihan finansial yang dimiliknya sebagai pesepak bola top membuat dia rela berbagi, apalagi terkait dengan rumah ibadah umat muslim, masjid.

Terlebih yang mengalami kesulitan itu warga muslim Sevilla. Pada 2007 lalu, warga Sevilla di area Ponce de Leon nyaris kehilangan masjid karena sang empunya tanah ingin menjual tanahnya.

Pemilik tanah di area Ponce de Leon ingin menjual tanahnya dimana sebuah masjid berdiri. Ini tentu bisa memaksa warga muslim disana kehilangan tempat beribadah mereka.

"Saya membantu komunitas muslim di Sevilla beberapa tahun lalu. Saat itu, mereka ingin menjaga rumah peribadatan mereka. Saya bantu mereka untuk mempertahankan masjid mereka," ujar Kanoute seperti dikutip bbc.

Kala itu, Kanoute tak mau namanya disebut sebagai orang yang membantu agar masjid dipertahan. Namun berita itu akhirnya bocor ke media beberapa hari berikutnya.

Kanoute ketika itu mendonasikan 700 ribu dollar (Rp 10 Miliar) agar masjid bernama Mezquita de Sevilla tetap berdiri. Masjid itu tetap bisa dipakai warga muslim Sevilla.

 

2 dari 4 halaman

Masjid Lebih Besar

Frederic Kanoute (© AFP 2008)
Perbesar
Frederic Kanoute

 

Seiring berjalannya waktu, masjid sudah tak mampu menampung jumlah warga muslim yang ingin beribadah di sana. Kanoute kembali berinisiatif untuk membantu lagi.

Dia membidik tanah lebih besar untuk membangun masjid tiga lantai, sebuah masjid representatif yang memiliki tempat parkir bawah tanah.

Kanoute berinisiatif untuk mencari sumbangan sebesar 250 ribu pounds lewat yayasan Kanoute 4 Seville Mosque. Inilah masjid representatif pertama yang pernah dibangun di Sevilla dalam 700 tahun.

Di pekan pertama Ramadan, dia berhasil mengumpulkan sumbangan setengah dari jumlah yang dibutuhkan.

 

3 dari 4 halaman

Cinta Sevilla

Frederick Kanoute
Perbesar
Frederic Kanoute (AFP)

 

Apa yang dilakukan Kanoute jadi bukti kecintaannya yang besar terhadap kota Sevilla. Dia menghabiskan tujuh tahun kariernya di SEvilla.

"Saya main di sini untuk tujuh tahun, dan sebagai muslim hal pertama yang Anda lakukan saat tiba di kota baru adalah menemukan tempat untuk ibadah," ujarnya.

"Tempat yang saya temukan majid itu, yang saya sebut masjid sementara dan hingga sekarang masih ada. Saya melihat komunitas muslim di sana fantastis, tak hanya orang-orang imigran tapi juga Spanyol yang jadi mualaf," ujarnya.

 

4 dari 4 halaman

Video Pilihan

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by