Sukses

6 Amalan Sunah yang Dianjurkan Sebelum Sholat Idul Fitri

Mandi adalah salah satu sunah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW sebelum melaksanakan sholat Idul Fitri.

Liputan6.com, Jakarta Setelah satu bulan menjalankan ibadah puasa Ramadhan, umat islam akan segera bertemu dengan hari kemenangan. Hari kemenangan tersebut tak lain adalah Hari Raya Lebaran atau Idul Firi. Ini adalah hari ketika umat Muslim baru saja selesai melaksanakan ibadah puasa yang penuh berkah dan membersihkan dosa-dosa.

Saat Idul Fitri, umat islam akan merayakannya dengan penuh kegembiraan dan suka cita. Dimana terdapat juga ibadah khusus yang hanya dilakukan saat Lebaran, yakni sholat Idul Fitri atau biasa disebut sholat Id yang dilaksanakan pada tanggal 1 Syawal saat pagi hari. Biasanya sholat ini dilakukan secara berjama’ah di masjid ataupun di tanah lapang.

Namun, karena lebaran tahun lalu masih dalam kondisi pandemi Covid-19, umat Islam belum bisa leluasa pergi berkunjung ke rumah sanak saudara. Meski demikian, ibadah sholat Idul Fitri sebetulnya bisa juga dilakukan di rumah sendirian atau bersama anggota keluarga di rumah.

Hal tersebut tentu tak menjadi penghalang umat Islam untuk menyambut dan merayakan Idul Fitri dengan penuh makna dan keutamaan, sehingga hati kembali ke fitri.

Seperti dengan melakukan amalan sunnah yang dilakukan sebelum melaksanakan sholat Idul Fitri. Dengan mengikuti sunah-sunah yang diajarkan Rasulullah SAW, diharapkan kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik bahkan setelah Ramadhan.

Dikutip dari Dream.co.id, berikut ini adalah sejumlah amalan-amalan sunah sebelum melaksanakan sholat Idul Fitri antara lain:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Perbanyak Mengucap Takbir

Salah satu sunah Nabi Muhammad SAW sebelum sholat Idul Fitri adalah mengucapkan takbir. Bahkan dimulai sejak malam sebelum Idul Fitri. Atau biasa disebut malam takbiran.

Jika biasanya takbir selalu diperdengarkan dari masjid-masjid, kini di tengah pandemi global, mengucapkan takbir bisa dilakukan di rumah bersama keluarga.

Selain itu, perayaan malam takbiran yang biasa diisi dengan pawai keliling, mungkin tahun ini akan terasa sedikit berbeda. Karena tidak dibolehkan adanya kerumuman di luar rumah. 

Meskipun begitu, mengucapkan takbir tetap dapat dilaksanakan dengan melakukannya bersama-sama di rumah.

 

3 dari 7 halaman

2. Mandi Sebelum Sholat Idul Fitri

Mandi adalah salah satu sunah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW sebelum melaksanakan sholat Idul Fitri. Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya,

"Dan dari Amdullah bin Abbas Raliyallahu Anhuma, ia berkata, 'Bahwasannya Nabi Sallallahu Alaihi wa Sallam mandi pada hari Idul Fitri dan Idul Adha."  (HR. Ibnu Majah)

Meskipun tahun ini kemungkinan sholat Idul Fitri akan dilaksanakan di rumah, namun hal-hal sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW, tetap dapat dilakukan. Adapun niat mandi sunah Idul Fitri adalah, 

"Nawaitul ghusla sunnatan li ‘idil fithri lillahi ta’ala. Artinya, "Saya niat mandi sunah untuk Idul Fitri karena Allah ta’ala."

 

4 dari 7 halaman

3. Menggunakan Pakaian Terbaik

Sebelum sholat Idul Fitri, disunahkan untuk memakai pakaian terbaik. Hal ini disampaikan dalam salah satu hadis yang artinya:

"Dari Ali bin Abi Thalib Radhiallahu ‘Anhu, bahwa: Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memerintahkan kami pada dua hari raya untuk memakai pakaian terbaik yang kami punya, dan memakai wangi-wangian yang terbaik yang kami punya, dan berkurban dengan hewan yang paling mahal yang kami punya." (HR. Al Hakim dalam Al Mustadrak)

Selain itu, dari Jabir radhiyallahu ‘anhu, ia berkata yang artinya:

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memiliki jubah khusus yang beliau gunakan untuk Idul Fithri dan Idul Adha, juga untuk digunakan pada hari Jum’at." (HR. Ibnu Khuzaimah)

Adapun bagi laki-laki dianjurkan juga untuk memakai wewangian yang tidak begitu mencolok. Agar dapat menjalankan sholat Idul Fitri dengan lebih khusyuk.

 

5 dari 7 halaman

4. Makan Sebelum Sholat Idul Firti

Nabi Muhammad SAW selalu menyempatkan diri untuk makan sebelum melaksanakan sholat Idul Fitri. Rasulullah bersabda yang artinya:

"Janganlah keluar pada hari Idul Fitri sampai dia makan dulu, dan janganlah makan ketika hari Idul Adha sampai dia sholat dulu." (HR. At Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, Ahmad)

Sementara, dalam sebuah hadis lain juga disebutkan bahwa,

"Pada saat Idul Fitri Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam tidaklah berangkat untuk shalat sebelum makan beberapa kurma.” Murajja bin Raja berkata kepadaku ‘Ubaidullah, katanya: berkata kepadaku Anas, dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam: " Beliau memakannya berjumlah ganjil.” (HR. Bukhari)

 

6 dari 7 halaman

5. Saling Mengucapkan Selamat

Amalan sunah lainnya yaitu saling mengucapkan selamat saat bertemu sanak saudara. Ucapannya berupa doa seperti "Taqabbalallahu minna wa minkum" yang artinya semoga Allah menerima amalan kami dan kalian.

Selain itu, dari Jubair bin Nufair, ia berkata bahwa jika para sahabat Rasulullah SAW berjumpa dengan hari ‘ied, satu sama lain saling mengucapkan,"Taqabbalallahu minna wa minka (Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian)." (Fath Al-Bari, 2: 446)

Untuk itu, jika akan melaksanakan sholat Idul Fitri, selain memperbanyak kalimat takbir, memberikan ucapan doa kepada sanak saudara juga dianjurkan.

 

7 dari 7 halaman

6. Mengambil Jalan Berbeda Saat Berangkat dan Pulang

Amalan sunah ini dapat dipraktekkan jika sholat Idul Fitri dapat dikerjakan di luar rumah seperti masjid atau lapangan. 

Mengambil jalan yang berbeda saat pergi dan pulang dianjurkan sesuai dengan Hadis Nabi Muhammad SAW yang artinya:

"Nabi SAW ketika hari raya mengambil jalan yang berbeda (antara pergi dan pulangnya)." (HR. Bukhari)

Tujuan dari amalan sunnah ini adalah agar dapat berbagi kebahagiaan dengan orang lain di tempat yang berbeda. Mengambil jalan yang berbeda, tentunya akan bertemu dengan orang yang berbeda pula. Sehingga semakin banyak kebahagiaan yang dapat disebarkan melalui sapa dan senyuman.

 

Dinda Permata

 

Sumber: Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.