Sukses

Serunya Memotret Momen Ramadhan dan Lebaran Bersama Keluarga Lewat Smartphone

Meski ada larangan untuk mudik dan bersilaturahmi secara fisik di kampung halaman bersama keluarga dan sanak saudara, momen istimewa tetap terasa menyenangkan ketika dirayakan di rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Raya Idul Fitri 2021 akan segera tiba dalam hitungan beberapa hari mendatang. Walau Ramadhan dan Lebaran tahun ini masih di tengah pandemi Covid-19, pasti kebanyakan dari kamu tidak ingin ketinggalan momen bersama keluarga di rumah.

Meski ada larangan untuk mudik dan bersilaturahmi secara fisik di kampung halaman bersama keluarga dan sanak saudara, momen istimewa tetap terasa menyenangkan ketika dirayakan di rumah.

Momen kebersamaan bersama keluarga juga bisa diabadikan dan dibagikan ke sanak kerabat yang jauh di kampung. Salah satu cara mengabadikannya tentu lewat jepretan foto dan tangkapan video. Kamu dapat mengekspresikannya bersama keluarga di rumah selama sisa hari di bulan Ramadhan tahun ini melalui cara berikut:

1. Interaksi dengan Keluarga

Berinteraksi membantu kamu menciptakan suasana dan ekspresi keluarga lho, terlebih dengan beragam kegiatan yang dilakukan oleh Ibu atau Ayah di bulan Ramadhan ini.

Ciptakanlah hasil foto natural yang menunjukkan kamu sedang berinteraksi dengan keluarga atau melakukan kegiatan seperti menyiapkan makanan untuk berbuka puasa atau sahur di dua hari sisa Ramadhan kali ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Hindari Berpose

Pada umumnya saat mengambil foto bersama keluarga dalam keadaan duduk rapi, menghadap ke kamera dan berpose. Namun kali ini kamu dapat mengajak keluarga untuk berekspresi dengan menunjukkan kedekatan khas Ramadhan seperti mengabadikan momen salat tarawih atau salat berjamaah.

Kamu bisa melakukannya dengan menggunakan bantuan tripod dan set timer.

3. Gunakan Properti

Hidangan favorit khas berbuka puasa atau Idul Fitri bisa digunakan sebagai properti untuk berfoto bersana dengan keluarga. Makanan seperti ketupat, opor ayam, kolak, kue nastar, atau buah kurma akan membuat hasil foto lebih bermakna, sekaligus menegaskan sebuah momen khas lebaran.

 

3 dari 4 halaman

4. Rekam Kegiatan Sehari-hari

Jika keluargamu enggan untuk diajak berfoto, ada baiknya membuat mereka nyaman dengan merekam momen-momen kegiatan saat Ramadan. Kamu dapat merekam aktivitas sibuk ketika Ibu sedang memasak hidangan untuk berbuka puasa, atau persiapan Ayah ketika akan berangkat ke masjid untuk salat tarawih.

Bisa pula kamu merekam kegiatan adik yang sedang bermain mobile game saat menunggu Adzan Maghrib tiba.

Karena itu, bagikan momen sebanyak mungkin dan pastikan smartphone kamu masih memiliki ruang penyimpanan data yang cukup untuk menyimpan seluruh hasil jepretanmu.

 

4 dari 4 halaman

Smartphone Pilihan

Apabila kamu menginginkan smartphone yang mampu menampung jepretan foto dan rekaman video dalam jumlah banyak dan besar, maka bisa mempertimbangkan perangkat dengan kapasitas ROM 128GB.

Menjelang bulan Ramadan, Oppo Indonesia baru saja mengeluarkan perangkat terbaru yang memiliki penyimpanan internal besar 128GB, yaitu OPPO A54 dan OPPO A74.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.