Sukses

Jelang Idul Fitri, Hafalkan Kembali Doa Niat Bayar Zakat Fitrah

Zakat fitrah adalah zakat yang diwajibkan atas setiap jiwa baik lelaki dan perempuan muslim yang dilakukan pada bulan Ramadhan pada Idul Fitri. Sebagaimana hadist Ibnu Umar ra.

Liputan6.com, Jakarta Menjelang hari raya Idul Fitri, banyak orang yang mendatangi masjid untuk membayar zakat fitrah dan ada juga yang menyebutnya zakat fitri. Membayar zakat fitrah di bulan Ramadan merupakan wujud menyucikan diri. Di samping itu bentuk kepedulian terhadap sesama.

Zakat fitrah adalah zakat yang diwajibkan atas setiap jiwa baik lelaki dan perempuan muslim yang dilakukan pada bulan Ramadan pada Idul Fitri. Sebagaimana hadist Ibnu Umar ra.

"Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum atas umat muslim; baik hamba sahaya maupun merdeka, laki-laki maupun perempuan, kecil maupun besar. Beliau saw memerintahkannya dilaksanakan sebelum orang-orang keluar untuk shalat.” (HR Bukhari Muslim)

Zakat fitrah wajib ditunaikan bagi setiap jiwa, dengan syarat beragama Islam, hidup pada saat bulan Ramadhan, dan memiliki kelebihan rezeki atau kebutuhan pokok untuk malam dan Hari Raya Idul Fitri. Besarannya adalah beras atau makanan pokok seberat 2,5 kg atau 3,5 liter per jiwa.

Sementara itu, ulama asal Mesir Shaikh Yusuf Qardawi  membolehkan orang membayar zakat fitrah dalam bentuk uang yang setara dengan 1 sha’ gandum, kurma atau beras. Nominal zakat fitrah yang ditunaikan dalam bentuk uang, menyesuaikan dengan harga beras di pasaran.

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Doa niat zakat fitrah

Nawaitu an ukhrija zakaata al fitri an nafsi fardhan lillahi ta'ala. (Saya niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diri sendiri fardhu karena Allah Taala).

Doa Niat Zakat untuk Istri

Nawaitu an ukhrija zakaata al fitri an zaujati fardhan lillahi ta'ala (Saya niat mengeluarkan zakat fitrah untuk istri saya fardhu karena Allah Ta'ala)

Doa Niat Zakat Fitrah untuk Anak Lelaki

Nawaitu an-ukhrija zakaata al fitri an waladi fardhan lillahi ta'ala....(sebutkan nama anak) fardhu karena Allah Ta'ala)

Doa Niat Zakat Fitrah untuk Anak Perempuan

Nawaitu an ukhrija zakatal fitri an binti fardhan lillahi ta'ala (Saya niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak perempuan saya... (sebutkan nama anaknya) fardhu karena Allah Ta'ala.

 

(Komarudin)

3 dari 3 halaman

Infografis Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1442 H/2021

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.