Bikin Silaturahmi Saat Lebaran Digital Semakin Seru dengan 2 Hal Ini

Oleh Yuslianson pada 09 Mei 2021, 20:30 WIB
Diperbarui 09 Mei 2021, 20:30 WIB
FOTO: Momen Haru Halalbihalal Virtual di Tengah Pandemi COVID-19
Perbesar
Warga bermaaf-maafan dengan keluarga melalui panggilan video saat halalbihalal Idul Fitri di Jakarta, Minggu (24/5/2020). Halalbihalal virtual menjadi alternatif bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman akibat tidak dapat mudik karena wabah virus COVID-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta - Bersamaan dengan kebijakan pemerintah untuk meniadakan kegiatan mudik menjelang, saat, dan setelah Lebaran, Menkominfo, Johnny G Plate, menyerukan masyarakat untuk melakukan Lebaran digital.

Johnny menyarankan, masyarakat Indonesia yang tidak bisa mudik secara fisik ke kampung halaman dapat bersilaturahmi dengan keluarga secara virtual.

Adapun hal ini dapat dilakukan melalui berbagai macam aplikasi, mulai dari Zoom, WhatsApp, Google Meet, Microsoft Teams, Line, dan masih banyak lagi.

Menurut Johnny, silaturahmi virtual melalui aplikasi tidak akan mengurangi makna yang sebenarnya. Untuk mewujudkan hal tersebut, Menkominfo juga menjamin jaringan telekomunikasi pun aman dari kenaikan trafik saat Lebaran.

Dengan semua kesiapan itu, berikut adalah beberapa hal yang dapat kamu persiapkan agar momen silaturahmi saat Lebaran Digital semakin seru.

 

2 dari 3 halaman

1. Tripod

Meski bisa menggunakan laptop, banyak orang memilih untuk konferensi video melalui smartphone. Karena itu, ada baiknya kamu dapat mempersiapkan sebuah tripod. Kenapa?

Tentunya tripod ini dapat dipakai agar ponsel berada dalam posisi yang seimbang dan tidak bergoyang saat dipakai video call.

 

 

3 dari 3 halaman

2. Background Digital

Hal kedua yang tidak kalah penting harus kamu persiapkan saat silaturahmi adalah mempersiapkan sebuah background khas atau buatan kamu.

Meski biasanya aplikasi video call, seperti Zoom, Meet, dan Team sudah mempersiapkan background digital, tidak ada salahnya kamu menggunakan image kreasi sendiri.

Sedikit saran, tidak perlu membuat background dengan satu desain atau warna, kamu bisa kreasikan berbagai warna asal perpaduannya masih sedap dipandang. Misal, desain dengan warna paduan pastel.

(Ysl/Tin)

Lanjutkan Membaca ↓