8 Tips Rayakan Lebaran di Rumah Agar Tetap Menyenangkan

Oleh Liputan6.com pada 07 Mei 2021, 01:20 WIB
Diperbarui 07 Mei 2021, 01:20 WIB
Makanan setelah lebaran
Perbesar
Ilustrasi Makan Bersama Credit: freepik.com

Liputan6.com, Jakarta Lebaran merupakan momen yang amat ditunggu-tunggu kedatangannya oleh umat Islam. Salah satunya bisa bersilaturahmi dengan sanak saudaranya.

Namun, pada Lebaran tahun ini, niatan tersebut untuk bisa mudik dan berkumpul dengan keluarga besar harus ditunda sementara waktu.

Seperti diketahui, saat ini pemerintah telah menetapkan kebijakan larangan mudik terhitung mulai hari ini, Kamis (6/5/2021) hingga 17 Mei mendatang demi mencegah lonjakan kasus baru positif Covid-19 di Tanah Air. 

Meski begitu, larangan mudik tak menjadi penghalang bagi kita untuk menyambut Lebaran dengan penuh suka cita. Karena merayakan hari Lebaran dengan keluarga masih tetap bisa asyik dan menyenangkan meski hanya di rumah saja.

Dilansir dari Dream.co.id, berikut ini sejumlah tips menikmati Lebaran agar tetap menyeangkan meski hanya d irumah: 

 

2 dari 8 halaman

1. Tetap Sediakan Kue Lebaran

Meskipun Lebaran tahun ini tidak ada tamu yang berkunjung, akan tetapi tetaplah sediakan kue Lebaran di meja tamu.

Karena bisa dinikmati bersama keluarga atau dibagikan kepada tetangga terdekat. 

3 dari 8 halaman

2. Lakukan Silaturahmi Secara Online

Lebaran adalah momen untuk saling maaf-maafan dengan keluarga, sahabat, dan juga teman. Namun, akibat pandemi, hal tersebut kini belum dapat dilakukan.

Saat ini, hal tersebut bukanlah jadi hambatan. Tali silaturahmi masih bisa terus tersambung dengan kecanggihan teknologi yang ada.

Seperti dengan melakukan video call dengan berbagai aplikasi digital kepada para sahabat serta kerabat. 

 

4 dari 8 halaman

3. Mengirim Bingkisan Lebaran

Meski hanya di rumah saja untuk Lebaran tahun ini, mengirimkan paket bingkisan kepada orang-orang tersayang pun masih bisa dilakukan.

Berbagi bingkisan saat Lebaran juga menjadi kebahagiaan tersendiri bagi setiap orang. Bingkisan tersebut bisa berupa makanan, minuman, atau pakaian.

 

5 dari 8 halaman

4. Menonton Film dan Memasak Bersama Keluarga

 

Selanjutnya, menikmati Lebaran di rumah saja dapat dilakukan denga menonton film. Menonton film bisa menjadi cara yang mengasyikkan untuk mengisi libur Lebaran kali ini. 

Selain itu, merayakan hari kemenangan di rumah saja saat pandemi Covid-19 ini bisa diisi dengan kegiatan memasak bersama keluarga.

Berbagai masakan khas Lebaran pun bisa dijadikan pilihan, seperti ketupat, ayam opor, balado kentang, dan lain sebagainya. 

Selain memasak hidangan lebaran, kamu juga bisa membuat kue dengan kreativitasmu bersama orang-orang terkasih di rumah. 

 

6 dari 8 halaman

5. Piknik di Halaman Rumah

Karena harus tetap di rumah, menikmati libur Lebaran bisa dilakukan dengan piknik di halaman rumah. Meskipun agak aneh, namun tidak ada salahnya sekali-kali merubah suasana Lebaran dengan hal yang baru.

Dengan piknik di halaman rumah ini, bisa bercengkrama dengan keluarga di luar rumah supaya tidak menjemukan. Seperti piknik di pantai atau di hutan sambil menyiapkan makanan untuk dinikmati di bawah langit yang cerah.

Jangan lupa, memutar musik kesukaan untuk menambah kebahagiaan

 

7 dari 8 halaman

6. Bagi-Bagi THR Lebaran

Lebaran adalah momen yang tepat untuk berbagi kebahagiaan. Kebahagiaan yang tiada terkir adalah saat kita mampu berbagai kebahagiaan kepada orang lain.

Momen Lebaran bisa kamu jadikan momen untuk berbagi tunjangan hari raya (THR) berupa angpao kepada saudara dan tetangga.

Atau bisa dengan cara bersedekah, berzakat, memberi santunan fakir miskin, memberi santunan anak yatim, atau memberikan donasi untuk kerabat terdekat kamu yang membutuhkan.

 

 Dinda Permata

 

Sumber: Dream.co.id

8 dari 8 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓