Incar Rekor Dunia, Dubai Bagikan 50.000 Makanan Buka Puasa

Oleh Tommy Kurnia pada 07 Mei 2021, 13:00 WIB
Diperbarui 07 Mei 2021, 13:00 WIB
Restoran di Dubai Tak Lagi Wajib Pasang Tirai Saat Buka Siang Hari Selama Ramadan
Perbesar
Ilustrasi restoran. (dok Dmitry Zvolskiy/pexels.com)

Liputan6.com, Dubai - Aplikasi makanan di Dubai, yakni Nefsy, ingin memecahkan rekor dunia dengan membagikan 50 ribu makanan buka puasa di Ramadhan 2021. Makanan itu dibagikan dalam lima jam saja.

Dilaporkan Khaleej Times, Kamis (6/5/2021), makanan itu dibagikan kepada pekerja dengan penghasilan rendah. Inisiatif ini disebut Infinite Giving.

Ini turut dilakukan untuk menyambut dirgahayu ke-50 dari Uni Emirat Arab. Nesfy bekerja sama dengan lembaga pemerinah Islamic Affairs and Charitable Activities (IACAD).

Pendiri Nefsy, Khaleb Diab, berkata 50 ribu lebih makanan berbuka itu dibagikan kepada 50 ribu pekerja pada 5 Mei di jam lima sore.

"Titik temu kami adalah camp Jebel Ali Labour di mana total 54 ribu hidangan iftar hangat tiba berkat usaha dan kontribusi lebih dari 20 restoran di seluruh UEA," ujar Diab.

Makanan iftar itu dikirim dengan kendaraan yang memiliki penghangat, sehingga makanan tetap segar dalam perjalanan.

"Boks makanan itu berisi nasi, ayam, pencuci mulut, jus, buah, dan air, yang disalurkan di 49 akomodasi tenaga kerja yang besar di seluruh Dubai," jelas Diab.

2 dari 3 halaman

Guiness World Record

Melihat Habitat Flamingo di Tengah Mewahnya Kota Dubai
Perbesar
Burung flamingo terbang bermigrasi melewati gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab (28/1). Meski terdiri dari gedung-gedung mewah, pemerintah Dubai tetap menjaga habitat burung flamingo. (AP Photo / Kamran Jebreili)

Nefsy turut bekerja sama dengan yayasan aman Tarahum dan UAE Food Bank dalam usaha meraih Guiness Record ini. Pihak Guiness World Record terlebih dahulu mengumpulkan data-data, waktu, serta pernyataan dari sukarelawan dan pekerja yang mendapatkan makanannya.

Diharapkan juga agar inisitiaf Infinite Giving ini dapat membantu orang-orang tak beruntung yang terdampak COVID-19.

Tahun lalu, Nefsy meraih rekor dunia dengan mendistribusikan 49 ribu boks makanan di Uni Emirat Arab.

Pemerintah UEA sebetulnya melarang kegiatan mendonasikan makanan iftar selama pandemi COVID-19, namun dibolehkan jika lewat badan amal. Kepolisian Dubai juga ikut membantu program iftar ini.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut:

Lanjutkan Membaca ↓