Sukses

Apa Manfaat Berbuka Puasa dengan Makanan yang Manis?

Untuk bisa mengembalikan energi dalam tubuh, bagi mereka yang saat ini tengah menjalankan ibadah puasa dibutuhkan hidangan yang manis saat berbuka.

Liputan6.com, Jakarta Gula darah merupakan sumber energi utama dalam tubuh. Namun di saat seseorang berpuasa, maka kadar gula dalam tubuh akan mengalami penurunan akibat berbagai macam aktivitas yang dijalani.

Untuk bisa mengembalikan energi dalam tubuh, bagi mereka yang saat ini tengah menjalankan ibadah puasa dibutuhkan hidangan yang manis saat berbuka.

Hal ini diungkap Ketua Pengurus Cabang (PC) Perhimpunan Dokter Nahdlatul Ulama Sumenep, Jawa Timur dr H As’ad Zainudin kepada NU online, Minggu, 25 April 2021.

"Oleh karena itu, gula dari makanan atau minuman manis tersebut mampu meningkatkan kadar gula darah yang turun selama berpuasa," jelasnya.

Menurut As'ad, minuman dan makanan manis merupakan sumber kalori yang mudah diolah tubuh.

"Tidak hanya itu saja, rasa manis juga dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh, sehingga proses metabolisme dapat kembali normal," jelas Dokter Teladan Kabupaten Sumenep Tahun 2011 tersebut.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Konsumsi Makanan Manis Berlebihan

Namun, satu yang menjadi catatannya, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan manis dalam porsi yang berlebihan.

"Karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik, baik dari segi agama ataupun kesehatan," ujarnya.

 

Daffa Haiqal

 

Sumber: Nu.or.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.