Sukses

Berbuat Kebaikan di Ramadhan, XL Axiata Donasikan 100 Laptop ke 12 Pondok Pesantren

Adapun kegiatan saat Ramadhan ini merupakan sebuah bagian dari pengembangan program Desa Digital yang sudah diinisiasi sejak 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Bersamaan dengan bulan Ramadhan yang penuh dengan kebajikan, XL Axiata mendonasikan 100 unit laptop dan sarana akses internet untuk 12 pondok pesantren di sejumlah daerah.

Adapun kegiatan saat Ramadhan ini merupakan sebuah bagian dari pengembangan program Desa Digital yang sudah diinisiasi sejak 2020.

Diharapkan lewat kegiatan donasi laptop dan akses internet ini, para santri dan pengajar di pondok pesantren dapat menjadi penggerak ekonomi di perdesaan.

Lewat donasi ini, para santri akan mampu meningkatkan literasi digitalnya dan mendorong masyarakat perdesaan ikut memanfaatkan sarana digital secara lebih produktif.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini mengatakan, salah satu fokus pemberdayaan masyarakat yang digagas XL Axiata adalah mendigitalkan masyarakat Indonesia.

Untuk mewujudkan hal itu, XL Axiata sudah mengimplementasikan program terkait dengan visi tersebut, seperti Sisternet, Laut Nusantara, dan Gerakan Donasi Kuota.

"Saat ini XL Axiata menargetkan kalangan pesantren untuk menerima program peningkatan literasi digital agar bisa menjadi penggerak ekonomi digital di pedesaan," kata Dian, dalam keterangan yang diterima Tekno Liputan6.com.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Persiapkan Desa Digital

XL Axiata mendonasikan 100 laptop dan akses internet ke-12 pondok pesantren di berbagai daerah di Indonesia, penyerahan donasi dilakukan oleh Presdir sekaligus CEO XL Axiata Dian Siswarini (Foto: XL Axiata).

Ia berharap, dengan mendigitalkan pesantren, akan tumbuh generasi di pedesaan yang lebih siap menghadapi tantangan ke depan.

Dian mengatakan, kehadiran teknologi digital di tengah-tengah masyarakat merupakan bagian dari gerak zaman, yang tidak bisa dihindari, tidak mungkin dilawan, atau dihentikan.

"Agar kita tidak terlindas, maka yang bisa dilakukan adalah menyesuaikan diri dan memanfaatkannya agar membawa kebaikan bagi kita. Saat ini infrastruktur digital sudah tersebar hingga ke pelosok-pelosok pedesaan, dan akan terus meluas agar bisa menjangkau semua penduduk Indonesia," kata Dian.

Dian menyebutkan, donasi yang disalurkan ke berbagai komunitas masyarakat desa ini merupakan bentuk keseriusan XL Axiata menyiapkan desa dalam memasuki era digital.

 

3 dari 3 halaman

12 Ponpes

Adapun donasi diserahkan ke-12 pondok pesantren, yakni:

Pondok Pesantren Al-Huda, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah

Pondok Pesantren Ummul Quro’ Assuyuty, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur

Pondok Al Mardliyyah, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur

Pondok Pesantren Al Huda, Malang Jawa TimurPondok Pesantren Al Falah, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Pondok Pesantren Al Ikhsan, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Pondok Pesantren Raudlatul Ulum, Kabupaten Malang, Jawa Timur

Pondok Ponpes Al Utsmaniyah, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Pondok Pesantren Al Ashr, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Pondok Pesantren Bina Ilmi, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan

Pondok Pesantren Insan Quran Mulia, Nusa Tenggara Barat

Pondok Pesantren Al Ishlah, Gorontalo

Selain laptop, XL Axiata juga memberikan sarana akses internet. Para penerima donasi juga mendapatkan program lanjutan berupa pelatihan sejumlah keahlian digital. Antara lain terkait cara memanfaatkan media sosial untuk promosi produk, fotografi, serta membuat konten digital yang efektif.

Dalam penyaluran donasi ini, XL Axiata bekerja sama dengan Benihbaik.com. Dalam penyaluran donasi ini, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mohammad Mahfud MD hadir secara daring dalam acara yang berlangsung Selasa (4/5/2021).

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini