Sukses

Quraish Shihab: Puncak Keislaman Adalah Penyerahan Diri dan Menerima Semua Ketetapan-Nya

Sedangkan tujuan akhir makrifat, menurut Quraish Shihab, adalah pengenalan diri yang melahirkan rasa takut bercampur kagum kepada Allah.

Liputan6.com, Jakarta Arah keberagamaan, menurut Quraish Shihab adalah keimanan. Sementara, puncak dari keimanan adalah keyakinan, dan puncak keyakinan adalah ketulusan.

"Puncak ketulusan, tidak menoleh kepada selain Allah. Sedang puncak keislaman adalah penyerahan diri secara tulus kepada-Nya dan menerima secara legawa segala ketetapannya," jelas cendekiawan muslim ini.

Lantas, apa batas akhir dari ilmu?

Menurut Quraish Shihab, batas akhir sebuah ilmu adalah pengamalan dan kesadaran akan ketidaktahuan.

"Sedangkan tujuan akhir makrifat adalah pengenalan diri yang melahirkan rasa takut bercampur kagum kepada Allah," jelas Pendiri Pusar Studi Al-Qur'an ini. 

"Ada pun batas akhir dari kebodohan adalah kebanggan si pembodoh terhadap dirinya. Sementara, batas akhir nafsu adalah penyesalan dan batas akhir kehidupan duniawai adalah kematian." Demikian kata Quraish Shihab lewat tausiah singkat dalam Mutiara Hati SCTV. 

Tonton video Quraish Shihab dalam Mutiara Hati SCTV berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.