Sukses

5 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan Saat Puasa Ramadan

Dalam berolahraga, tentunya kita harus bijak memilih jenis yang sesuai dengan kondisi tubuh ketika berpuasa.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika puasa, sebagian orang memilih untuk tidak sering berolahraga dengan alasan menghemat energi. Padahal, olahraga tetap penting dilakukan guna menjaga kebugaran tubuh meski di bulan Ramadan.

Dalam berolahraga, tentunya kita harus bijak memilih jenis yang sesuai dengan kondisi tubuh ketika berpuasa. Demikian juga dengan menentukan waktu berolahraga.

Berikut beberapa olahraga yang cocok dilakukan meski saat puasa dilansir dari berbagai sumber.

1. Yoga

Gerakan yoga tidak terlalu menguras tenaga. Oleh sebab itu, yoga bisa menjadi pilihan olahraga saat sedang berpuasa.

Yoga cenderung menitikberatkan pada latihan teknik pernapasan yang akan membantu proses suplai oksigen ke otak dan membantu pikiran lebih tenang. Latihan yoga dapat dilakukan selama 15 sampai 30 menit sebelum berbuka puasa.

2. Jogging Ringan

Jogging dengan intensitas ringan dapat menjadi alternatif olahraga kala puasa. Olahraga ini bisa dilakukan pada pagi hari karena masih banyak energi yang tersimpan di dalam tubuh. Opsi lainnya jogging dilakukan pada sore hari menjelang waktu berbuka.

Lakukan jogging ringan sekitar 20 hingga 30 menit. Namun, pertahankan intensitasnya untuk mencegah dehidrasi berlebihan.

 

Simak Juga Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bersepeda

3. Jalan Santai

Jalan santai bisa Anda masukkan ke daftar jika jogging tidak memungkinkan untuk dilakukan. Olahraga ini bagus untuk menjaga kesehatan tulang belakang dan otot jantung. Dengan 10 ribu langkah per hari dapat mencegah osteoporosis. Jalan santai dapat dilakukan pada sore hari.

4. Peregangan

Gerakan peregangan bisa dilakukan sebagai olahraga ringan saat puasa. Selain untuk meregangkan otot, gerakan-gerakan peregangan yang dipadukan dengan latihan pernapasan juga dapat membantu relaksasi mental.

5. Bersepeda

Bersepeda selain menyehatkan, juga menyenangkan untuk dilakukan. Selama puasa, tidak perlu menargetkan jarak tempuh yang jauh. Bersepeda dapat dilakukan sore hari sambil menunggu waktu berbuka puasa.

 

(Abel A)

 

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.