Sukses

Daftar Perawatan Motor yang Bisa Dikerjakan Sambil Menunggu Waktu Berbuka Puasa

Banyak hal yang bisa dilakukan sambil menunggu waktu berbuka puasa. Selain mendapatkan pahala, bonusnya adalah tindakan ringan untuk tetap menjaga performa motor demi mendukung kelancaran aktivitas.

Liputan6.com, Jakarta Banyak hal yang bisa dilakukan sambil menunggu waktu berbuka puasa. Selain mendapatkan pahala, bonusnya adalah tindakan ringan untuk tetap menjaga performa motor demi mendukung kelancaran aktivitas.

“Di bulan puasa ini, kami menyarankan konsumen agar tidak lupa juga melakukan pengecekan sepeda motor. Ini penting dilakukan agar tidak ada problem yang terlewatkan, karena ini dapat berdampak pada kegiatan sehari-hari," papar M.Abidin, GM After Sales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), dalam keterangannya pada Senin, 26 April 2021.

"Untuk itu, kami memberikan beberapa panduan yang dapat dilakukan oleh konsumen sendiri sehingga motor terawat dengan baik,” terangnya.

Berikut panduan pengecekan yang dapat dilakukan konsumen dari Yamaha:

Bahan Bakar 

Pastikan kondisi bahan bakar melalui indikator speedometer bahan bakar, jika motor jarang digunakan sebaiknya tangki bahan bakar kondisi full tank untuk menghindari terjadi penguapan.

Sekalian cek apakah ada kebocoran dari bahan bakar, misalnya dengan bau bahan bakar di sekitar motor.

Oli Mesin

Gunakan stik oli mesin, untuk mengecek apakah level oli mesin masih di dalam batas normal dan cek juga apakah ada kebocoran oli di sekitar motor.

Rem

Lalu cek sistem pengereman dengan menekan tuas rem, apakah berfungsi dengan normal dan pastikan lampu rem belakang menyala.

Perhatikan juga level minyak rem melalui celah intip reservoir atau tempat penampung minyak rem, pastikan berada dalam batas normal.

Throttle (gas) 

Pastikan dengan memutar throttle dengan lembut dan tidak ada kesan terhambat atau nyangkut, hal ini bisa membahayakan saat berkendara.

Ban

Pastikan alur masih dalam batas normal dengan melihat tanda keausan dari ban dan juga fisiknya. Ban dengan keausan yang sudah lewat batas akan membahayakan saat berkendara, karena daya traksi ban berkurang.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Indicator dan signal

Pastikan semua signal indikator dan lampu menyala, seperti lampu depan, lampu belakang, lampu sein dan klakson berfungsi dengan baik.

Bersihkan motor 

Rutin membersihkan motor dari debu dan kotoran lainnya.

Pengecekan sejumlah bagian penting dari sepeda motor yang dapat dilakukan Sahabat Dream sendiri di rumah, hal ini jika dilakukan dapat membantu jika ditemukan ada kendala yang harus diantisipasi.

Apalagi kalau sampai membutuhkan bantuan dari tenaga dan jasa profesional teknisi.

Terkait hal tersebut, Yamaha memberikan kemudahan bagi konsumennya dengan menyediakan layanan Service Kunjung Yamaha (SKY) sebagai solusi mengatasi masalah pada sepeda motor.

Service from home 

Dengan layanan ini, teknisi Yamaha dapat melakukan service di tempat tinggal konsumen yang berhubungan dengan perawatan berkala.

Konsumen pun makin dimudahkan karena saat ini telah tersedia aplikasi My Yamaha Motor yang memberikan informasi mengenai SKY dan lokasi jaringan resmi Yamaha terdekat.

Jika sedang dibutuhkan layanan service yang harus dikerjakan di bengkel resmi Yamaha, cukup mengakses informasi dari My Yamaha Motor.

Sumber: Otosia.com

3 dari 3 halaman

Infografis Yuk, Pahami Makna Rapid Test Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.