Pesona 12 Ribu Cahaya di Masjidil Haram

Oleh Tommy Kurnia pada 30 Apr 2021, 07:10 WIB
Diperbarui 30 Apr 2021, 07:10 WIB
Idul Fitri dan Pandemi
Perbesar
Gambar yang diambil pada 24 Mei 2020 selama jam-jam awal Hari Raya Idul Fitri menunjukkan pandangan udara kota suci Mekkah Arab Saudi dengan Makkah Royal Clock Tower menghadap Masjidil Haram dan Ka'bah. (Photo by - / AFP)

Liputan6.com, Mekkah - Para jemaah yang beribadah di Masjidil Haram (Grand Mosque) dapat merasakan pesona 12 ribu cahaya. Lampu-lampu itu menerangi pekarangan, atau, dan minaret masjid.

Menurut Saudi Gazette, Kamis (29/4/2021), pesona lampu di Masjidil Haram merupakan hasil produksi custom. Hal itu disebut sebagai tanda perhatian dari otoritas Dua Masjid Suci.

Pejabat operasional dan maintenance di Masjidil Haram, Amer bin Awad Al-Luqmani, menyebut bahwa unit pencahayaan di masjid itu terkoneksi dengan stasiun kontrol khusus.

Pencahayaan ini dilengkapi dengan 304 lampu chandelier dengan bermacam bentuk dan ukuran yang merupakan hasil dari program ekspansi. Ada lagi lebih dari 1.000 unit lampu yang terpasang di kolom dan tembok luar masjid.

Menerangi Tulisan Allah

FOTO: Melihat Kemegahan Masjidil Haram dari Udara
Perbesar
Pandangan dari udara menunjukkan suasana Masjidil Haram di Kota Suci Mekkah, Arab Saudi, 24 Mei 2020. Masjid yang berlokasi di pusat Kota Mekkah ini merupakan tujuan utama dalam ibadah haji. (STR/AFP)

Beberapa unit pencahayaan di Masjidil Haram digunakan untuk menerangan tulisan Allah di pilar atas dari gerbang lengkung yang berada di dalam masjid.

Di bagian luar, ada unit pencahayaan di seluruh halaman, minaret Masjidil Haram, dan daerah sekitarnya.

Tiap unit cahaya itu memiliki daya 2000 watt dan diharapkan menambah keindahan lokasi.

Lampu-lampu itu diurus secara khusus oleh tim maintenance dan teknis. Tim itu mengecek setiap poin cahaya di dalam Masjidil Haram dan mengevaluasi efisiensinya.

Infografis Puasa Saat COVID-19:

Infografis Aman Berpuasa Saat Pandemi Covid-19
Perbesar
Infografis Aman Berpuasa Saat Pandemi Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan Berikut:

Lanjutkan Membaca ↓