Sukses

7 Tips Lebaran Sehat untuk Ibu Hamil, Perhatikan Konsumsi Makanan

Tips Lebaran sehat untuk ibu hamil harus melihat konsumsi makanan dan pola hidup sehat.

Liputan6.com, Jakarta Tips Lebaran sehat untuk ibu hamil harus memperhatikan konsumsi makanan. Pasalnya, hari raya Idul Fitri ini identik dengan makanan-makanan berlemak dan makanan manis yang tidak baik untuk kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Ibu hamil tetap boleh menikmati makanan lebaran kendati sedang hamil. Hal ini tentunya selama kamu selalu benar-benar memperhatikan porsi dan jenis makanan yang dikonsumsi. Selain itu, berolahraga dan istirahat yang cukup juga sangat penting diperhatikan.

Tips Lebaran sehat untuk ibu hamil harus melihat konsumsi makanan dan pola hidup sehat. Mengontrol asupan makanan Lebaran, memenuhi asupan cairan, mengonsumsi suplemen, berolahraga, dan istirahat yang cukup dapat menjaga kesehatan ibu dan janin.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (16/5/2021) tentang tips Lebaran sehat untuk ibu hamil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tips Lebaran Sehat untuk Ibu Hamil

Mengontrol Konsumsi Makanan Berlemak

Tips Lebaran sehat untuk ibu hamil yang pertama adalah mengontrol konsumsi makanan berlemak. Rendang, opor ayam, gulai ikan, ketupat sayur, dan makanan bersantan lainnya pasti tersaji saat Lebaran. Menu tersebut tinggi akan lemak yang penting untuk perkembangan sistem saraf janin.

Selain itu, ikan, daging, dan ayam juga mengandung protein dan mikronutrien seperti asam folat, kalsium, dan zat besi yang juga vital untuk kesehatan kehamilan. Karena itu, ibu hamil boleh mengonsumsi menu-menu tersebut, asalkan bisa mengontrol porsi makanan berlemak tersebut.

Hindari mengonsumsi makanan bersantan berturut-turut dalam sehari, apalagi selama beberapa hari. Kelebihan lemak juga tidak baik untuk ibu hamil karena dapat menyebabkan penambahan berat badan hingga obesitas.

Penuhi Asupan Cairan

Ibu hamil juga harus memperhatikan asupan air putih. Perjalanan ke rumah kerabat rentan membuat kamu dehidrasi karena kekurangan cairan. Bila terjadi, bisa fatal akibatnya untuk ibu hamil dan janin.

Oleh karena itu, pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap hari, terutama saat hari Lebaran. Tips Lebaran sehat untuk ibu hamil ini juga berkhasiat untuk meningkatkan sirkulasi darah, mencegah, sembelit, dan mangatasi berbagai masalah kehamilan lainnya.

3 dari 4 halaman

Tips Lebaran Sehat untuk Ibu Hamil

Batasi Konsumsi Makanan dan Minuman Manis

Tips Lebaran sehat untuk ibu hamil berikutnya adalah membatasi makanan dan minuman manis. Kue kering seperti nastar, putri salju, kue lapis, serta minuman manis seperti sirup, es buah, dan es campur tetap boleh dikonsumsi asal tidak berlebih.

Kelebihan gula saat hamil dapat mencetuskan penyakit gula dalam kehamilan (diabetes gestasional) yang mengakibatkan bayi lahir besar (makrosomia) dan berbagai komplikasi lainnya seperti persalinan macet.

Oleh karena itu, saat waktunya nyemil, jangan konsumsi kue kering tersebut sebagai camilan utama. Tetap selingi dengan buah dan camilan sehat lainnya seperti yoghurt atau keju.

Konsumsi Suplemen

Selain itu, jangan lupa untuk membawa suplemen dan obat-obatan yang dianjurkan oleh dokter kebidanan. Suplemen seperti asam folat, zat besi, kalsium, dan omega-3 sebaiknya jangan terlewatkan untuk kamu konsumsi setiap hari demi pertumbuhan dan perkembangan janin.

4 dari 4 halaman

Tips Lebaran Sehat untuk Ibu Hamil

Tetap Konsumsi Sayur

Banyaknya makanan Lebaran sering kali membuat ibu hamil lupa untuk makan sayur. Padahal sayur sangat penting sebagai tips Lebaran sehat untuk ibu hamil. Sayuran hijau kaya akan vitamin E, vitamin B, dan asam folat yang penting untuk perkembangan saraf janin.

Selain itu, serat dalam sayur juga baik untuk melancarkan pencernaan ibu hamil yang rentan mengalami konstipasi alias sembelit. Karena itu, usahakan selalu ada sayur dalam setiap makan berat kamu.

Tetap Berolahraga Ringan

Tips Lebaran sehat untuk ibu hamil selanjutnya adalah tetap berolahraga ringan. Olahraga yang teratur akan membantu melancarkan peredaran darah dan menjaga kadar gula pada tubuh tetap terkontrol dengan baik.

Olahraga saat hamil juga dapat membantu mengatasi stres, mengendalikan berat badan, hingga tidur lebih nyenyak selama kehamilan.

Kamu bisa memilih olahraga ringan seperti jalan santai, senam kegel, hingga yoga. Cukup melakukannya selama 20-30 menit setiap hari supaya tubuh tetap bugar selama hamil. Bila tubuh mulai terasa lemas, segera hentikan dan istirahat.

Istirahat yang Cukup

Tips Lenaran sehat untuk ibu hamil yang tak kalah penting adalah istirahat yang cukup. Usahakan untuk cukup tidur setiap harinya agar badan tetap sehat dan bugar. Dengan begitu, ibu hamil tetap dapat merayakan Lebaran dengan suka cita, menikmati makanan Lebaran dan kesehatan tetap terjaga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini