Sukses

Jadwal Buka Puasa Hari Ini Selasa 27 April 2021 dan Keutamaan Menyegerakan Waktu Berbuka

Jadwal buka puasa berbeda-beda disetiap kota besar, oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui jadwal buka puasa di daerah Anda tinggal saat ini.

Liputan6.com, Jakarta Jadwal buka puasa hari ini Selasa 27 April 2021 berbeda-beda di setiap kota besar. Meskipun  kota yang satu dengan kota yang lain berdekatan, namun mengenai jadwal buka puasa juga berbeda-beda.

Hari ini kita sudah memasuki puasa hari ke 15, untuk itu jangan sampai terlewat karena jadwal buka puasa hari ini Selasa 27 April 2021, merupakan waktu yang paling ditunggu-tunggu seluruh umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa. 

Bahkan jadwal buka puasa hari ini Selasa 27 April 2021, juga digunakan sebagai patokan waktu berbuka puasa bagi seluruh umat muslim di kota-kota besar. Dengan mengetahui waktu tepat untuk berbuka puasa, maka akan lebih mudah bagi kita untuk menyegerakannya. Ibadah puasa menjadi lebih berkah dan berpahala tentunya.

Selain mengetahui jadwal buka puasa hari ini, penting juga untuk mengetahui keutamaan dari menyegerakan waktu berbuka. Tentunya agar kita mendapatkan pahala dari keutamaan tersebut.  

Berikut telah dirangkum oleh Liputan6.com tentang jadwal buka puasa hari ini dan ketahui pula keutamaan menyegerakan dari waktu berbuka puasa dari berbagai sumber, Selasa (27/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadwal Buka Puasa Hari Ini Selasa 27 April 2021

Berikut jadwal buka puasa hari ini Selasa 27 April 2021 di Kota Besar Indonesia, dilansir dari Kementerian Agama RI:

Banda Aceh 18:48 WIB

Medan 18:33 WIB

Padang 18:21 WIB

Pekanbaru 18:16 WIB

Palembang 18:02 WIB

Bandung 17:46 WIB

Jakarta 17:50 WIB

Yogyakarta 17:34 WIB

Semarang 17:35 WIB

Surabaya 17:26 WIB

Pontianak 17:44 WIB

Banjarmasin 18:19 WITA

Denpasar 18:12 WITA

Makassar 17: 58 WITA

Palu 18:01 WITA

Mataram 18:08 WITA

Kupang 17:36 WITA

Ambon 18:25 WIT

Sorong 18:15 WIT

Jayapura 17:36 WIT

3 dari 4 halaman

Keutamaan dari Menyegerakan Berbuka Puasa

Berikut beberapa keutamaan dari menyegerakan berbuka puasa di Bulan Ramadan yang dapat Anda laksanakan untuk menambah pahala kita di bulan suci Ramadan, diantaranya :

1. Umat yang dicintai di sisi Allah SWT

Terdapat hadis yang menyatakan bahwa umat yang menyegerakan berbuka puasa, adalah umat yang dicintai Allah. Riwayat Tirmidzi disebutkan dari hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, Allah Ta’ala berfirman, “Hamba yang paling dicintai di sisi-Ku adalah yang menyegerakan waktu berbuka puasa.” Hadis riwayat Muslim.

2. Berada dalam kebaikan

Orang yang menyegerakan berbuka puasa, maka ia akan berada dalam kebaikan. Pahala orang yang menyegerakan waktu berbuka adalah datangnya kebaikan. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Manusia senantiasa berada dalam kebaikan.”

3. Mengamalkan sunnah

Menyegerakan berbuka puasa berarti mengamalkan sunah. Ketika adzan akan berkumandang, sebaiknya hendaklah berada dirumah, atau ditempat yang memudahkan dirinya berbuka puasa. Berbuka puasa bisa mendapat ganjaran, lebih utama lagi bila disegerakan.

4. Terhindar dari keburukan

Orang yang menyegerakan berbuka puasa akan terhindar dari keburukan. Jika ia mengakhirkan berbuka puasa, akan mendapat keburukan.

4 dari 4 halaman

Doa Berbuka Puasa

Doa berbuka puasa memiliki dua versi, dan mungkin salah satunya sering Anda lantunkan dan sering didengar di televisi saat datangnya waktu berbuka puasa. Berikut doa berbuka puasa yang bisa Anda lafadzkan salah satunya :

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin

Artinya: “Ya Allah karenaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat Mu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih.”

Doa satu ini yang telah umum didengarkan dan diajarkan kepada Anda di sekolah. Selain itu, Anda juga akan sering mendengarnya di televisi maupun di radio di waktu berbuka puasa. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak menghafalkan doa puasa Ramadan satu ini. Ketika sudah masuk waktu berbuka puasa yang bertepatan dengan azan maghrib, Anda harus mengucapkan Alhamdulillah dan membaca doa berbuka puasa sebelum menyantap makanan maupun minuman yang tersedia. Walaupun Anda berada di tempat yang berbeda, dan memiliki waktu yang berbeda pula saat berbuka puasa, doa berbuka puasa tetap sama dan menjadi salah satu doa puasa Ramadan yang sangat penting untuk dihafalkan.

Sedangkan doa berbuka puasa yang kedua bersumber dari salah satu hadis Rasulullah SAW yang berbunyi:

Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah.

Artinya: “Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki.” (Hadits shahih, Riwayat Abu Daud)

Anda tidak harus mengucapkan kedua doa puasa ramadan tersebut saat akan berbuka puasa. Anda hanya perlu melafadzkan salah satunya dan bisa langsung makan setelah itu. Tapi ingat, jangan makan terlalu berlebihan. Sebab sesuatu hal yang berlebihan sangat dibenci oleh Allah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini