Motor Lama Tak Dipakai, Jangan Lupa Lepas Kabel Aki

Oleh Liputan6.com pada 28 Apr 2021, 08:20 WIB
Diperbarui 28 Apr 2021, 08:20 WIB
Aki Motor
Perbesar
Aki pada motor juga perlu mendapat perhatian.

Liputan6.com, Jakarta Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah aki soak. Salah satunya yaitu melepas kabel aki jika motor tidak dipakai dalam waktu lama.

Dalam kondisi itu, memang sebaiknya kabel aki motor harus dilepas.

Menurut laman Federal Oil, meski mesin motor dalam keadaan mati, komponen kelistrikan masih bisa menyedot arus listrik dari aki. Alhasil, seiring berjalannya waktu aki akan soak.

Namun untuk melepas dan memasang kembali kabelnya jangan sampai asal-asalan. Ada beberapa hal yang patut Otolovers ikuti.

Pertama lepaskan kabel konektor kutub negatif. Langkah ini sangatlah penting untuk menghindari kerusakan di bagian kelistrikan sepeda motor.

 

2 dari 4 halaman

Jangan Salah Urutan

Pasalnya jika melepas kabel konektor kutub positif terlebih dahulu, akan berisiko korsleting. Jika terjadi, maka malah akan merusak banyak komponen sepeda motor.

Sedangkan untuk memasangnya kembali, lakukan langkah sebaliknya. Pasang lebih dulu kabel positif dan diikuti dengan kabel negatif.

Otolovers pun tak perlu bingung untuk membedakan kutub negatif dan positif. Biasanya kutub positif ditutup dengan karet berwarna merah. Selain itu, biasanya juga sudah diberi tanda yang cukup jelas.

Sumber: Otosia.com

3 dari 4 halaman

Infografis 3M Turunkan Risiko Covid-19 Berapa Persen?

Infografis 3M Turunkan Risiko Covid-19 Berapa Persen?
Perbesar
Infografis 3M Turunkan Risiko Covid-19 Berapa Persen? (Liputan6.com/Abdillah)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓