Sukses

Detik-Detik Ustaz di Makassar Mengembuskan Napas Terakhirnya Saat Ceramah di Masjid

Ia dikenal sebagai Dosen di UIN Alauddin Makassar dan pentolan Muhammadiyah Makassar.

Liputan6.com, Makassar - Ustaz Ruddin Emang menghembuskan napas terakhirnya saat mengisi ceramah usai Salat Zuhur di Masjid Baiturrahman di Jalan Urip Sumohardjo, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, pada Senin (26/4/2021). 

Pria yang juga diketahui sebagai tokoh Muhammadiyah dan Dosen Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar itu mulanya pingsan di mimbar masjid saat menjadi penceramah. 

"Meninggal saat akhir doa ceramahnya tadi," kata kerabat mendiang Ruddin Emang, Fakhruddin Mansyur, Senin (26/4/2021). 

Dari rekaman CCTV yang diterima Liputan6.com, Ustaz Ruddin Emang terlihat tenang saat mengisi ceramah di hadapan jamaah Masjid Baiturrahman. Ia kemudian tiba-tiba tersungkur yang membuat jamaah masjid langsung panik dan berusaha menolongnya. 

"Langsung jatuh di mimbar. Kita sempat tolong dan baringkan di lantai," lanjut Fakhruddin.

Berdasarkan informasi yang diterima Liputan6.com, dua pekan sebelumnya, istri Ustaz Ruddin Emang, Rahamiyati Razak juga meninggal dunia. Rahamiyati dikenal juga sebagai tokoh Aisyiyah Kota Makassar. 

Saat ini kediaman Ruddin Emang telah dipadati oleh pelayat. Rumah Ruddin Emang sendiri diketahui berada tepat di belakang Masjid Baiturrahman. 

Berikut video detik-detik saat penceramah Makassar meninggal di mimbar:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.