8 Menu Sahur yang Aman untuk Penderita Maag, Cegah Kambuh

Oleh Husnul Abdi pada 08 Mei 2021, 21:00 WIB
Diperbarui 08 Mei 2021, 21:00 WIB
Menu Sahur yang Aman untuk Penderita Maag
Perbesar
Menu Sahur yang Aman untuk Penderita Maag

Liputan6.com, Jakarta Menu sahur yang aman untuk penderita maag perlu benar-benar diperhatikan agar puasa lancar. Ibadah puasa Ramadan tentunya menjadi tantangan yang cukup berat bagi penderita maag. Menu sahur yang tepat dapat menjaga kondisi lambung penderita maag agar tidak semakin parah.

Peningkatan asam lambung adalah salah satu komplikasi yang mungkin dicemaskan oleh penderitas maag saat puasa. Oleh karena itu, menu sahur yang aman bagi lambung perlu kamu pahami. Hal ini tentunya juga berlaku saat berbuka puasa.

Menu sahur yang aman untuk penderita maag tentunya juga perlu diikuti dengan pola makan yang baik. Dalam menghindari maag kambuh, kamu bisa makan sahur mendekati waktu imsak. Hal ini untuk menghindari kebiasaan langsung tidur setelah makan. Pasalnya, langsung tidur setelah makan sahur dapat meningkatkan risiko asam lambung naik ke kerongkongan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari KlikDokter, Senin (26/4/2021) tentang menu sahur yang aman untuk penderita maag.

2 dari 4 halaman

Menu Sahur yang Aman untuk Penderita Maag

Bayam
Perbesar
Bayam (Sumber: Pixabay)

Makanan dengan Bumbu Sederhana

Menu sahur yang aman untuk penderita maag salah satunya adalah makanan berbumbu sederhana. Kamu bisa memasak sendiri menggunakan bumbu sederhana seperti bawang putih, merica, dan garam untuk makan sahur.

Jadi, kamu harus menghindari makanan pedas, kaya bumbu, dan asam yang cenderung mengiritasi saluran cerna. Kamu harus berusaha menghindari menu sahur dengan kandungan bumbu seperti tomat, jeruk, lemon, serta jeruk bali.

Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks juga akan sangat membantu sebagai menu sahur yang aman untuk penderitam maag. Hal ini disebabkan karena pemilihan jenis karbohidrat ini akan membantu mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

Jadi saat sahur kamu bisa memilih menu makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti sereal, oatmeal, granola, atau nasi merah. Maka dari itu, pilihlah karbohidrat kompleks dibandingkan karbohidrat sederhana seperti roti dan biskuit.

Sayuran

Makan sayuran yang cukup ketika sahur akan membantu mencegah asam lambung naik. Hal ini tentunya perlu kamu terapkan sebagai menu sahur yang aman untuk penderita maag. Jenis sayuran yang bisa jadi pilihan kamu antara lain bayam, asparagus, hingga pakcoy.

Sebagai informasi, asparagus bersifat alkali, sehingga baik untuk kesehatan lambung. Selain itu, sayuran hijau seperti pokcoy juga membantu membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Bila kamu memiliki penyakit mag, deretan asupan di atas sangat baik untuk dikonsumsi sebagai menu sahur.

3 dari 4 halaman

Menu Sahur yang Aman untuk Penderita Maag

Susu almond
Perbesar
susu dan kacang almond. (Foto: pixabay.com)

Kurma

Salah satu menu sahur yang aman untuk penderita maag adalah kurma. Makanan satu ini tentunya sangat identik dengan bulan Ramadan. Tidak hanya perlu dikonsumsi saat sahur saja, kamu juga bisa mengonsumsinya saat berbuka puasa. Kurma adalah makanan kaya akan gula, serat, kalium, dan magnesium, sehingga baik untuk penderita mag.

Kacang Almond

Kacang almond maupun susu almond juga bisa dijadikan menu sahur yang aman untuk penderita maag. Baik dikonsumsi dalam bentuk kacang-kacangan maupun susu, almond sama-sama baik bagi tubuh. Hal ini disebabkan karena keduanya mengandung protein dan serat yang tinggi.

Jus yang Tidak Asam

Jus buah asli mengandung serat yang tinggi, sehingga membantu mempertahankan rasa kenyang.  Kamu bisa menjadikan jus buah tanpa tambahan sebagai menu sahur yang aman untuk penderita maag.

Selain itu, buah juga mengandung kalium, sehingga baik dikonsumsi penderita mag. Beberapa buah yang direkomendasikan adalah melon dan pisang. Keduanya bersifat alkali, sehingga baik dikonsumsi untuk mengatasi keluhan mag.

4 dari 4 halaman

Menu Sahur yang Aman untuk Penderita Maag

maag
Perbesar
ilustrasi sakit maag saat puasa/pexels

Hindari Merokok, Kafein, dan Soda

Saat puasa, usahakan untuk berhenti melakukan kebiasaan kamu merokok, minum kopi, soda atau teh, terutama saat sahur. Hal ini disebabkan karena semuanya memiliki efek yang tidak bak untuk tubuh dan dapat memicu maag.

Rokok berhubungan dengan mag dan tukak lambung. Sedangkan kopi, soda, dan teh bersifat diuretik, yang akan membuat kamu lebih sering buang air kecil. Sehingga, mineral ikut terbuang bersama urine. Padahal, mineral tertentu dibutuhkan selama waktu panjang berpuasa.

Minum Obat Maag

Selain mengikuti menu sahur yang aman untuk penderita maag, kamu tetap perlu mengonsumsi obat maag agar kesehatan terjaga. Namun, sebelumnya konsultasikan dengan dokter mengenai perlu atau tidaknya minum obat mag ketika menjalankan puasa.

Sebisa mungkin, konsumsi obat berdasarkan saran dokter, agar kamu terhindar dari efek samping yang justru dapat memperparah kondisi maag.

Lanjutkan Membaca ↓