Sukses

Cek Komponen-Komponen Sepeda Motor Ini Sebelum Bepergian

Bagi Anda yang berencana untuk melakukan perjalanan menggunakan sepeda motor, sebaiknya Anda melakukan persiapan seperti memeriksa kondisi kendaraan.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang berencana untuk melakukan perjalanan menggunakan sepeda motor, sebaiknya Anda melakukan persiapan seperti memeriksa kondisi kendaraan. 

Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman menjelaskan ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat hendak bepergian dengan sepeda motor.

Menurut Ade, sepeda motor perlu mendapatkan servis menyeluruh di bengkel resmi karena terdapat jadwal servis atau maintenance schedule berdasarkan kondisi sepeda motor, yang di atur berdasarkan jarak tempuh atau waktunya.

Pemeriksaan biasanya akan meliputi penggantian oli mesin, busi, pemeriksaan atau penggantian saringan udara, pemeriksaan atau penggantian kampas rem, penyetelan kopling, penyetelan rantai dan pemeriksaan mesin.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bagian-Bagian yang Diperiksa

 

Hal selanjutnya ialah periksa kondisi ban dan kaki-kaki. Tekanan ban motor sangat memengaruhi keamanan dan kenyamanan dalam berkendara, karena itu pastikan tekanan sesuai dengan anjuran yang sudah ditetapkan untuk ban depan dan ban belakang.

Akan berbeda ukuran apabila berboncengan atau membawa beban berat. Sebaiknya pengendara menambahkan tekanan lebih banyak 4 PSI.

Hal terakhir ialah memeriksa sistem kelistrikan. Perhatikan apakah fungsi lampu depan, lampu rem, lampu sign, kondisi accu dan pengisiannya, serta kabel-kabel kelistrikan.

3 dari 3 halaman

Infografis Daripada Jemput Virus Corona, Mendingan Liburan di Rumah Saja

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.