Sukses

Tips Pilih Makanan untuk Sahur dari Pembalap

Mantan pembalap Yamaha Racing Indonesia, Wahyu Aji Trilaksana punya menu favorit yang membantu aktivitasnya sebagai pembalap.

Liputan6.com, Jakarta Sahur menjadi keharusan bagi umat muslim yang akan menjalani ibadah puasa. Aktivitas ini dilakukan sejak dini hari hingga menjelang subuh atau imsak.

Ragam makanan menjadi pilihan bagi umat muslim saat sahur. Lalu bagaimana dengan pilihan olahragawan atau pembalap khususnya?

Salah satu tips diberikan mantan pembalap Yamaha Racing Indonesia, Wahyu Aji Trilaksana. Pembalap asal Ajibarang Banyumas ini mengaku lebih suka makanan berkuah untuk santap sahur.

Pilihan itu dilakukan demi menjaga tubuh tidak dehidrasi. Ini karena Wahyu Aji masih berlatih saat puasa Ramadan meski jadwal balap kini belum pasti.

"Sebenarnya tidak ada keharuan makan apa. Cuma kalau sahur saya lebih ke makan makanan yang berkuah seperti sayur sop dan lain-lain," katanya kepada Liputan6.com.

 

Video Pilihan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perbanyak Air Putih

 

Selain itu, dia juga menyarankan agar banyak minum air putih saat sahur. Ini bisa menjaga jumlah cairan dalam tubuh.

"Saya kan tetap latihan fisik. Hanya waktunya saja dipindah saat bulan Ramadan seperti sekarang. Yang tadinya pagi jadi sore menjelang bukan. Banyak minum air putih saat sahur juga cukup membantu biar tidak dehidrasi," katanya.

Porsi latihan selama Ramadan juga tidak dikurangi. Menurut Wahyu, dia biasanya berlatih satu atau dua jam sebelum berbuka puasa.

"Saat puasa lebih banyak memakai sepeda pakai roll di rumah saja. Kebetulan juga di rumah banyak alat fitness jadi bisa langsung main alat," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.