Sukses

Mengenal 5 Waktu Rutinitas Pemeriksaan Komponen Mobil

Masih banyak kurang paham soal waktu yang tepat atau rutinitas merawat mobil. Perawatan mobil bukan sekedar dicuci setelah kotor, atau dibawa ke bengkel saat bermasalah. Menurut Good Year Indonesia, perawatan kendaraan seharusnya dilakukan secara berkala.

Liputan6.com, Jakarta - Masih banyak kurang paham soal waktu yang tepat atau rutinitas merawat mobil. Perawatan mobil bukan sekedar dicuci setelah kotor, atau dibawa ke bengkel saat bermasalah. Menurut Good Year Indonesia, perawatan kendaraan seharusnya dilakukan secara berkala.

Ya, jadikan perawatan mobil sebagai rutinitas. Tanpa harus menunggu adanya momen penting seperti Lebaran sekalipun, mobil seharusnya tetap mendapat perawatan yang tepat. Dari anjuran yang dipaparkan Goodyear Indonesia, ada lima waktu yang bisa jadi rutinitas perawatan maupun pemeriksaan bagian mobil.

Pertama adalah harian. Yang dimaksud pemeriksaan harian secara rutin, apalagi kalau mobil juga dipakai sehari-hari. Periksalah bagian tekanan angin ban dan jaga selalu kebersihan mobil secara umum. Bisa dengan mencuci atau sekadar mengelap jika tidak terlalu kotor. Poin-poin itu bisa dilakukan rutin setiap hari.

Kemudian skala dua mingguan, poin yang harus diperiksa sewajarnya lebih banyak. Dengan bagian yang harus diperhatikan termasuk kondisi ban mobil, sisa oli rem, air radiator dan fungsi pegas. Ditambahkan dengan pemeriksaan bulanan atau rutin tiap bulan. Bagian yang perlu masuk dalam pengawasan yakni bodi mobil, cairan wiper dan area kabin atau interior.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tiap 3 Bulan

Ada juga rentang perawatan tiap tiga bulan. Yang lebih mudah karena masuk atau mengikuti jadwal penggantian. Oli mesin, oli gardan dan kinerja mesin jadi sorotan untuk perawatan berkala tiap tiga bulan sekali. Dan terakhir dilakukan selang enam bulan. Tiap enam bulan sekali, periksakan bagian karet atau seal, bracket, tali belt dan bagian pemipaan.

Nah, itu dia anjuran rutinitas dalam perawatan mobil dari Goodyear Indonesia. Karena penggantian oli secara berkala saja tak cukup untuk melakukan perawatan pada mobil. Diperlukan perhatian lebih menyeluruh, seperti yang sudah dipaparkan. 

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Infografis Kombinasi 3M Turunkan Risiko Tertular Covid-19 hingga 99,9 Persen

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.