Sukses

Kenapa Rasa Lapar Saat Puasa Sering Muncul di Tengah Hari?

Tengah hari seringkali jadi waktu "kritis" bagi individu yang tengah menjalankan puasa Ramadan.

Liputan6.com, Jakarta - Tengah hari seringkali jadi waktu "kritis" bagi individu yang tengah menjalankan puasa Ramadan. Saat tengah hari, rasa haus dan lapar seolah meningkat. Kenapa demikian?

Mengenai rasa lapar yang timbul di siang hari, Ahli Gizi Komunitas dr Tan Shot Yen menjelaskan alasannya.

Menurutnya, rasa lapar yang timbul di tengah hari disebabkan oleh makanan yang dimakan saat sahur sudah habis tercerna.

“Semua yang dimakan saat sahur sudah habis tercerna apalagi jika tanpa sayur dan buah, dan karbohidratnya lekas diubah jadi gula darah (sarat rafinasi: tepung, nasi putih),” ujarnya melalui pesan singkat kepada Health Liputan6.com.

Selain itu, Tan juga memberikan kiat-kiat agar puasa berjalan lancar dan perut tidak bermasalah. Hal penting yang perlu diperhatikan adalah asupan makanan saat berbuka.

 

Simak Juga Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kiat agar Puasa Lancar

Menurutnya, berbuka puasa dapat dilakukan dengan menyantap makanan yang membuat tubuh masih bisa menerima makanan setelah sholat magrib.

“Artinya, takjil hanya membatalkan puasa, enggak bikin eneg atau mual bahkan kenyang semu karena tinggi gula,” katanya.

“Jadi, anggaplah berbuka itu seperti makan siang yang terlambat. Mulai takjil dengan sup atau soto berkuah. Setelah sholat maghrib, makan menu seutuhnya,” Tan melanjutkan.

Tan juga menerangkan bahwa memakan makanan berkuah selain bagus untuk berbuka puasa juga bagus untuk menurunkan risiko dehidrasi saat berpuasa seharian penuh.

Sedang, asupan vitamin selama berpuasa tidak selalu dibutuhkan oleh setiap orang. “Sebab dari sayur dan buah yang selalu tersedia di saat sahur dan saat buka dan makan malam tentu cukup,” ujarnya.

Tan juga mengimbau bagi orang yang tidak kuat berpuasa maka tidak perlu memaksakan untuk berpuasa. Seseorang yang dianjurkan untuk membatalkan puasa adalah orang dengan gejala muntah, terancam dehidrasi, atau tukak lambung.

 

(Ade Nasihudin)

 

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.