Sukses

Quraish Shihab: Bergaul dengan yang Arif, Mereka Akan Ajarkan dari Angkuh ke Rendah Hati

Quraish Shihab juga menjelaskan bahwa sumber ketenangan adalah kesadaran dan bahwa rezeki seseorang tidak mungkin diambil oleh orang lain.

 

Liputan6.com, Jakarta Pada saat Anda tidak tahu, merasa bersalah dan menyesal, camkanlah nasihat ini.

"Bila Anda tak tahu bertanyalah. Bila bersalah menyesallah. Dan bila menyesal, tinggalkanlah apa yang disesali," ucap cendekiawan muslim Quraish Shihab

Lebih lanjut dia berkata,"Bila menyumbang rahasiakanlah, bila tak terpenuhi harapan Anda, maka berucaplah yang baik," kata Quraish Shihab

Mantan menteri agama ini juga mengatakan untuk bergaul dengan yang arif. Dengan begitu mereka akan mengajarkan kita enam hal menuju keenam hal lainnya. 

"Dari ragu ke yakin, dari pamrih ke ikhlas, dari lengah ke ingat, dari angkuh ke rendah hati, dari keburukan niat kepada ketulusan, dan dari kecenderungan berlebih ke dunia menuju kecenderungan kepada akhirat," tutur Quraish Shihab.

Pendiri Pusat Studi Al-Quran ini juga menjelaskan bahwa sumber ketenangan adalah kesadaran dan bahwa rezeki seseorang tidak mungkin diambil oleh orang lain.

"Ketahuilah bahwa Allah Maha Mengetahui, Maha Melihat, dan menilai setiap sikap seseorang," tutup Quraish Shihab di akhir renungannya. 

Tonton video Quraish Shihab dalam Mutiara Hati SCTV berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.