Bacaan Doa Qunut Witir Saat Ramadan Lengkap dengan Tata Cara dan Manfaatnya

Oleh Ayu Rifka Sitoresmi pada 07 Mei 2021, 17:15 WIB
Diperbarui 07 Mei 2021, 17:15 WIB
Bacaan Doa Qunut Witir Saat Ramadan Lengkap dengan Tata Cara dan Manfaatnya
Perbesar
Ilustrasi Membaca Doa Qunut Credit: shutterstock.com

Liputan6.com, Jakarta Pada bulan Ramadan, umat Islam disunahkan untuk menggelar salat tarawih yang ditutup dengan salat witir sebanyak 3 rakaat. Ketika mengerjakan salat witir, terutama pada separuh akhir Ramadan, disunahkan untuk membaca doa qunut, yaitu dalam rakaat terakhir salat witir.

Qunut dalam bahasa Arab memiliki arti ketaatan, kesungguhan, patuh, berdiri lama, dan diam. Dalam ibadah, qunut ini juga dapat diartikan sebagai meminta ampunan dan memberi pujian kepada Allah SWT setelah mengerjakan salat, baik salat fardhu maupun salat sunnah.

Doa qunut dapat dibedakan menjadi tiga macam. Yang pertama adalah doa qunut nazilah, yang diucapkan ketika ada peristiwa atau musibah besar yang menimpa. Doa ini dibaca setelah rukuk (iktidal) dalam rakaat terakhir salat. Doa qunut kedua adalah qunut salat subuh, yang dikerjakan dalam rakaat kedua salat subuh. Terdapat perbedaan pandangan tentang qunut subuh ini. Mazhab Syafi'i menghukumi qunut subuh sebagai sunah ab'adl, jika terlupa disunahkan sujud sahwi. Sedangkan dalam mazhab Maliki qunut subuh sunah, tetapi dibaca pelan. Dalam mahzab Hanafi dan Hambali, qunut subuh tidak disunahkan.

Terakhir, doa qunut salat witir. Terkait doa ini, menurut pengikut Imam Syafii, qunut ini dilakukan pada akhir salat witir setelah rukuk, terutama dalam paruh kedua bulan Ramadan. Menurut mazhab Hambali, qunut ini dikerjakan setelah rukuk, sedangkan menurut mazhab Malikiyah, qunut jenis ini tidak disunahkan.

Sementara itu, pengikut mazhab Hanafiyah berpendapat qunut witir dilakukan dalam rakaat ketiga setiap salat sunah, sebelum rukuk. Pendapat mazhab Hambali, qunut witir dilakukan sepanjang tahun, atau tidak hanya pada separuh akhir bulan Ramadan. Dasarnya adalah hadis "Sesungguhnya Rasulullah melakukan witir lalu melakukan qunut sebelum rukuk." (H.R Ibnu Majah).

Berikut penjelasan detail mengenai bacaan doa qunut, tata cara, hingga manfaatnya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (7/5/2021).

Bacaan Doa Qunut dalam Salat Witir

Bacaan Doa Qunut Witir Saat Ramadan Lengkap dengan Tata Cara dan Manfaatnya
Perbesar
Ilustrasi Membaca Doa Qunut. Credit: shutterstock.com

Berikut bacaan doa qunut witir bahasa latin beserta artinya :

Allahummahdini fiiman hadayta wa aafinii fiiman aafyata wa tawallanii fiiman tawallayta wa baariklii fiiman a thoyta waqinii syarro maa qodhoyta walla yuqdhoo alaika wa innahu laa yadzillu man waalayta walaa ya izzu man aadayta tabaarakta robbanaa wa ta aalayta.

Artinya: "Ya Allah, berilah aku petunjuk sebagaimana Engkau memberikan petunjuk (kepada selainku), berilah keselamatan sebagaimana Engkau memberikan keselamatan (kepada selainku), rawatlah aku sebagaimana Engkau merawat orang lain, berilah keberkahan kepadaku pada semua pemberian-Mu, lindungilah aku dari kejelekan takdir-Mu, sesungguhnya Engkau menakdirkan dan tidak ditakdirkan, dan sesungguhnya tidak terhinakan orang yang menjadikan Engkau sebagai wali, dan tidak mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Suci dan Maha Tinggi Engkau, wahai Rabb kami. Maha bagi Engkau segala pujian di atas yang Engkau hukumkan, aku memohon ampun dari Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau. Dan semoga Allah mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga, dan sahabatnya." (HR. At Tirmidzi No.464, Abu Daud No. 1425, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Abu Daud).

Tata Cara Doa Qunut dalam Salat Witir

Bacaan Doa Qunut Witir Saat Ramadan Lengkap dengan Tata Cara dan Manfaatnya
Perbesar
Ilustrasi Membaca Doa Qunut. Credit: shutterstock.com

Doa qunut witir ini dibaca pada saat rakaat ketiga sebelum rukuk dalam setiap shalat sunnah. Lain halnya dengan doa qunut Subuh yang dibaca pada rakaat kedua salat Subuh. Sama halnya dengan doa qunut nazilah, membaca doa qunut witir dan Subuh juga dapat dilakukan dengan cara menengadahkan tangan ke langit.

Manfaat Membaca Doa Qunut dalam Salat Witir

Bacaan Doa Qunut Witir Saat Ramadan Lengkap dengan Tata Cara dan Manfaatnya
Perbesar
Ilustrasi Membaca Doa Qunut. Credit: shutterstock.com

Rahasia doa qunut terdapat dalam tiap kalimat-kalimatnya. Bacaan doa qunut mencakup kebaikan dunia dan akhirat serta permohonan dengan merendah dan tunduk. Permohonan tersebut untuk mendatangkan manfaat dan menolak mudarat di dunia maupun di akhirat. Berikut adalah manfaat membaca doa qunut dalam salat tarawih :

1. Doa untuk mendapatkan permohonan hidayah

Dalam hal ini digunakan permohonan mendapatkan manfaat dalam agama. Selain itu juga menjadi fondasi bangunan kesahihan amal, diterimanya amal yang menjadi tujuan yang dicari oleh seorang hamba.

2. Doa untuk mendapatkan kesehatan

Nabi banyak berdoa untuk kesehatannya dengan doa qunut. Hal ini dilakukan setelah memohon petunjuk. Nabi meminta kesehatan dan kebahagian dunia akhirat.

3. Doa memberi pertolongan

Doa qunut dipercaya dapat menolak apa yang ditakutkan dan menghasilkan apa yang diharapkan oleh seorang umat. Hamba yang ditolong Allah pasti dicukupkan, diberi apa yang diharapkan, dan dilindungi dari apa yang ditakuti.

4. Doa agar nikmat dicukupkan

Doa qunut dipercaya untuk memperlancar rezeki. Allah memberikan nikmat kepada hambanya yang taat secara terus menerus dan tetap.

5. Doa perlindungan dari marabahaya

Doa qunut dipercaya untuk memohon perlindungan dari hal-hal yang tidak diinginkan. Doa ini digunakan untuk memohon keselamatan dunia akhirat. Orang yang dilindungi Allah tidak akan terhina di mata Allah.

Lanjutkan Membaca ↓