Sukses

Apa yang Terjadi saat Malam Nuzulul Quran?

Dalam surah Al Isra ayat 9, Allah SWT menegaskan arti penting Alquran tersebut. Bahwa kitab suci umat Islam itu merupakan petunjuk bagi segenap umat manusia.

Liputan6.com, Jakarta Malam Nuzulul Quran adalah malam di mana Alquran pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Ayat pertama dalam Alquran yang diturunkan kepada Nabi adalah ‘Iqra’, yang berarti bacalah.

Tidak hanya perintah untuk membaca, tetapi Allah SWT juga menurunkan empat ayat lainnya pada malam itu. Kelima ayat yang turun pertama kali tersebut ada dalam surah Al Alaq.

Dalam surah Al Isra ayat 9, Allah SWT menegaskan arti penting Alquran tersebut. Bahwa kitab suci umat Islam itu merupakan petunjuk bagi segenap umat manusia.

اِنَّ هٰذَا الْقُرْاٰنَ يَهْدِيْ لِلَّتِيْ هِيَ اَقْوَمُ وَيُبَشِّرُ الْمُؤْمِنِيْنَ الَّذِيْنَ يَعْمَلُوْنَ الصّٰلِحٰتِ اَنَّ لَهُمْ اَجْرًا كَبِيْرًاۙ

“Sungguh, Alquran ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang paling lurus dan memberikan kabar gembira kepada orang beriman yang mengerjakan kebajikan, bahwa mereka akan mendapat pahala yang besar.” (QS. Al Isra: 9)

Alquran sendiri merupakan kitab yang paling lengkap pembahasannya. Mulai dari pembahasan akidah, ibadah, akhlak, hingga kisah-kisah sejarah umat terdahulu yang penting untuk diambil pelajaran darinya.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Ayat Pertama dalam Alquran

Berikut adalah lima ayat pertama dalam Alquran yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW saat dirinya berada di Gua Hira. Lima ayat tersebut berada dalam surah Al Alaq.

ٱقْرَأْ بِٱسْمِ رَبِّكَ ٱلَّذِى خَلَقَ

Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan

خَلَقَ ٱلْإِنسَٰنَ مِنْ عَلَقٍ

Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah

ٱقْرَأْ وَرَبُّكَ ٱلْأَكْرَمُ

Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah

ٱلَّذِى عَلَّمَ بِٱلْقَلَمِ

Yang mengajar (manusia) dengan perantara kalam

عَلَّمَ ٱلْإِنسَٰنَ مَا لَمْ يَعْلَمْ

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.